11 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Integrated Marketing Campaign

11 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Integrated Marketing Campaign

Integrated marketing campaign tidak hanya berubah dari ide menjadi peluncuran dalam satu gerakan. Semua pemangku kepentingan perlu bergabung, tim harus berkolaborasi serta perlu ada rencana pemasaran yang jelas.

Setelah kampanye tersebut diluncurkan, fokus anda akan bergeser ke distribusi, promosi setra pemantauan yang konstan. tim tersebut juga harus mengukur dan melaporkan hasil kampanye tersebut untuk menentukan keberhasilan, serta tantangan yang dihadapi di masa mendatang.

Meskipun cara ini menjadi sebuah proses yang kompleks, dan sering melibatkan banyak pemangku kepentingan selama anda menggunakan templat kampanye yang sesuai dan adanya alat manajemen kampanye lainnya dapat membantu memandu proses ini menjadi lebih mudah. Berikut adalah berbagai hal yang harus anda ketahui soal pelaksanaan kampanye pemasaran terintegrasi dari awal hingga akhir.

1. Mulailah Dengan Templat Kampanye Pemasaran Terpadu Gratis Anda

Kampanye pemasaran dapat bervariasi tergantung pada ruang lingkup mereka, tetapi biasanya, mereka akan mengikuti struktur dasar yang sama. Itulah sebabnya memiliki templat kampanye terintegrasi dapat menghemat waktu. Amsa juga harus cekatan dan juga memastikan bahwa Anda tidak meninggalkan detail penting apa pun. Berikut adalah 8 elemen yang harus Anda siapkan:

2. Sasaran

Elemen pertama yang harus anda adalah sasaran. Anda perlu tahu mengenai apa tujuan sebenarnya dari kampanye Anda? Apakah Anda mencoba menghasilkan arahan, membangun kesadaran, memperkuat afinitas merek, mempertahankan pelanggan, atau melakukan penjualan? Atau bisa jadi Anda memiliki lebih dari satu tujuan. Yang terpenting adalah Anda harus ingat dan fokus pada tujuan anda tersebut. Bahkan ketika strategi marketing kampanye terintegrasi ini semakin berhasil.

11 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Integrated Marketing Campaign

3. Audiens- Untuk Siapa Anda Membuat Kampanye?

Elemen lain yang juga penting dalam integrated marketing campaign adalah audiens. Audiens mana yang ingin Anda jangkau? Berapa banyak target anda tersebut. Banyak orang memiliki audiens yang sangat banyak. Misalnya anda menggunakan media sosial untuk mendapat audiens yang jauh lebih banyak. Anda juga mungkin hanya ingin menjangkau segmen kecil dari bisnis Anda, seperti pelanggan yang belum terlibat dengan konten Anda tersebut.

4. Pesan

Apa pesan yang ingin Anda sampaikan? Jika Anda harus meringkas kampanye pemasaran Anda, bagaimana Anda melakukannya? Munculkanlah beberapa baris pesan untuk menggambarkan pesan utama kampanye Anda, dan bagaimana pesan itu akan membantu mempromosikan produk, layanan, atau merek Anda. Pesan ini sangat berpengaruh untuk tujuan kampanye nya marketing anda. Orang akan lebih paham dan dapat memiliki persepsi sesuai dengan keinginan anda ketika anda membuat pesan yang jelas.

5. Saluran atau Media

Anda harus menentukan terlebih dahulu mengenai saluran atau media apa yang paling relevan untuk kampanye Anda? Pertimbangkan taktik daring dan luring termasuk iklan tradisional, televisi, pemasaran konten, media cetak, media sosial, maupun media lain termasuk dengan melibatkan mitra pihak ketiga.

6. Konten

Disinilah Anda akan masuk ke dalam rincian produk yang lebih jelas. Anda harus menggambarkan aset dan hasil yang akan mendorong kampanye tersebut dengan disertai adanya konten pendukung. Anda bisa memulai kampanye dengan membuat konten dari ebook, whitepaper, webinar, dan serangkaian posting blog, hingga infografis, tayangan slide, video, dan posting media sosial. Atau, pertimbangkan acara yang disponsori / di hosting. Masalah konten ini sangat membutuhkan strategi yang matang serta terintegrasi. Anda juga perlu melibatkan berbagai pihak seperti bagian desain, bagian koordinasi acara, dan berbagai pihak lain yang akan membantu anda dalam menentukan dan membuat berbagai jenis konten.

7. Sumber Daya Manusia Atau Tim

Setelah Anda mengetahui semua aset yang akan dibutuhkan kampanye Anda, Anda harus memutuskan siapa yang melakukan pembuatan. Apakah Anda memiliki divisi konten internal dan tim desain untuk mengerjakannya? Siapa yang perlu dilibatkan untuk memastikan setiap bagian dari kampanye dieksekusi dengan baik dan disampaikan tepat waktu?

8. waktu

Anda juga harus benar-benar memikirkan kapan konten atau pesan anda akan dipublikasikan.
Dalam jangka berapa waktu anda mengirim setiap konten? Hal tersebut juga perlu anda pertimbangkan.

9. Anggaran

Jika berbicara tentang kegiatan marketing maka tidak lepas dengan anggaran. Apalagi ketika Anda menggunakan sejumlah sumber daya manusia, Anda harus memiliki anggaran yang terperinci sehingga Anda dapat mengalokasikan dana yang sesuai. Hal Ini sangat penting jika Anda memilih untuk melakukannya dengan bantuan ahli atau bahkan dengan bantuan freelancer.

10. Alur Kerja

Tentukan alur kerja yang diperlukan untuk menjalankan kampanye marketing Anda dari ide hingga eksekusi dan evaluasi setelah kampanye. Pastikan perencanaan dan manajemen kampanye Anda dikonfigurasi untuk mencerminkan cara Anda bekerja.

11. Ukuran Keberhasilan

Anda harus berpikir dan menentukan dari awal apa indikator dari keberhasilan kampanye anda. Dengan indikator yang jelas anda bisa mengukur keberhasilan tersebut. Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai kampanye marketibg terintegrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *