5 Cara Merendam Baju dan Mencuci Manual Selama Pandemi Corona

Merendam Baju dan Mencuci

Di masa pandemi seperti ini, masyarakat dihimbau untuk mengurangi intensitas keluar rumah untuk hal yang tidak terlalu penting. Karena dalam sebuah penelitian yang terbaru menunjukkan bahwa virus corona bisa bertahan hidup di berbagai permukaan benda, termasuk bahan pakaian dalam periode cukup lama mulai dari hitungan jam sampai hari. Oleh sebab itu, saat mencuci baju diharuskan untuk merendam baju yang cukup lama. Berikut akan diulas caranya.

Cara Merendam dan Mencuci Baju Secara Manual

1. Siapkan Air Panas Untuk Merendam Pakaian

Centers of Disease Control and Prevention atau CDC menyarankan agar pakaian yang habis dikenakan dari luar harus segera dicuci menggunakan air panas. Air panas ini digunakan untuk merendam pakaian anda. Gunanya juga untuk menghilangkan berbagai jenis kuman atau virus yang menempel di pakaian anda. Disebutkan pula bahwa semakin panas air tersebut maka akan semakin baik pula kinerjanya.

Merendam Baju dan Mencuci Manual Selama Pandemi

Rendam pakaian tersebut kurang lebih 20 hingga 30 menit untuk menghilangkan kuman-kuman yang ada di baju. Air panas yang digunakan memiliki suhu di atas 80 derajat fahrenheit atau sekitar 26 derajat celcius. Sebelumnya anda harus memisahkan beberapa pakaian yang dianggap paling kotor dengan pakaian yang tidak terlalu kotor. Pisahkan pula apabila ada pakaian anda yang rawan luntur agar tidak terkena dengan pakaian anda yang lainnya.

2. Gunakan Detergen dengan Kandungan Pemutih

Setelah direndam selama beberapa menit, kemudian campurkan rendaman tersebut dengan detergen yang memiliki kandungan pemutih. Karena detergen yang memiliki kandungan pemutih, dipercaya bisa membantu membunuh berbagai virus yang menempel pada pakaian anda. Dilansir dari laman LIPI, bahwa virus corona ini memilki semacam selubung dengan lapisan lemak. Ia tidak akan hilang apabila menggunakan air saja, maka dengan bantuan detergen ini lebih efektif melepaskan virus dari pakaian.

3. Kucek Pakaian Hingga Bersih

Langkah selanjutnya, silahkan anda mengucek pakaian anda hingga bersih. Perhatikan tiap sisi pakaian anda, apakah ada kotoran yang menempel atau tidak. Jika ada noda atau kotoran yang menempel, maka kuceklah bagian tersebut dengan keras agar noda atau kotorannya menghilang. Usahakan saat menguceknya anda perhatikan pula jenis kain di pakaian anda biar tidak ada yang rusak.

4. Bilas Pakaian

Setelah semua pakaian sudah bersih anda kucek, maka tahap selanjutnya adalah membilas pakaian anda dengan air bersih yang mengalir. Bilas berulang kali hingga sabun-sabun yang ada di pakaian anda menghilang. Saat membilas juga perlu tahap untuk merendam baju agar sabunnya menghilang. Biasanya cara membilas ini cukup dua kali saja, namun apabila masih terdapat sabun yang menempel maka anda bisa mengulanginya lagi hingga benar-benar terasa bersih.

Merendam Baju dan Mencuci Manual Selama Pandemi Corona

5. Jemur Pakaian

Jika menggunakan mesin pengering lebih disarankan, tapi dengan menjemur pakaian langsung terpapar oleh sinar matahari juga lebih bagus. Gantung atau jemur secara mendatar pakaian-pakaian anda. Agar air yang di dalam pakaian anda bisa menetes dan menguap dengan bantuan sinar matahari. Tetapi apabila tidak ada sinar matahari, anda bisa menjemurnya dengan diangin-anginkan. Angkat pakaian apabila sudah benar-benar kering hingga tidak ada tetes-tetes airnya.

Itulah beberapa cara mencuci baju secara manual menggunakan tangan. Namun, apabila anda memiliki mesin cuci dan pengeringnya maka diperbolehkan anda mencuci pakaian anda menggunakan mesin cuci tersebut. Asalkan tetap memperhatikan berbagai hal yang telah dijelaskan diatas. Serta segeralah mencuci pakaian anda apabila anda baru pulang dari aktivitas di luar rumah. Karena apabila tidak segera dicuci, dikhawatirkan virus yang menempel di pakaian anda akan menyebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *