Agar Segera disetujui, Yuk Simak Syarat Kredit Mobil Yang Wajib Dipenuhi

mau tau syarat kredit mobil

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang masuk dalam kategori barang sekunder. Memiliki mobil bisa memudahkan anda berlibur sekeluarga atau sekedar berangkat ke kantor tanpa khawatir panas atau hujan. Namun, harga mobil yang lebih mahal menyebabkan sebagian orang kesulitan membeli mobil secara tunai, sehingga lebih memilih metode pembelian dengan cicilan. Namun, sebelum mengajukan cicilan, anda harus mengetahui syarat kredit mobil berikut ini.

Persyaratan Pengajuan Cicilan Mobil untuk Wiraswasta dan Profesional

Terdapat beberapa perbedaan persyaratan antara karyawan dan wirausaha saat mengajukan cicilan mobil. Jika anda seorang wiraswasta atau profesional, anda harus seorang warga negara Indonesia dengan memberikan dokumen resmi berupa KTP sebagai bukti. Selain itu, lama usaha yang anda jalankan sekitar 2 hingga 3 tahun. Anda juga sudah memiliki usia lebih dari 21 tahun. Beberapa leasing membolehkan usia di bawah 21 tahun jika sudah pernah menikah.

syarat kredit mobil Syarat Penting yang Harus Dipenuhi Saat Pengajuan Kredit Mobil

Jika sudah menikah, anda akan diminta fotokopi KTP ganda beserta pasangan dan juga fotokopi kartu keluarga atau akte nikah. Anda juga perlu menyiapkan bukti jika anda tinggal di Indonesia dengan melampirkan bukti pembayaran pajak Bumi Bangunan, tagihan PDAM atau tagihan rekening listrik. Perusahaan juga akan meminta anda fotokopi rekening koran atau tabungan untuk menggambarkan kondisi keuangan bisnis yang sedang anda jalankan.

Untuk menjamin kebenaran usaha yang punya, dokumen yang wajib disetorkan meliputi SIUP, SKDP, SITU, TDP atau surat keterangan sederhana dari ketua RT atau RW. Dengan adanya surat resmi tersebut, bisa diketahui jika usaha anda resmi dan bukan usaha abal abal. Fotokopi NPWP menjadi syarat kredit mobil yang tidak boleh dilewatkan. Anda juga perlu mencantumkan usia maksimal saat kredit mobil anda lunas dan foto aktivitas usaha anda.

Persyaratan Pengajuan Cicilan Mobil untuk Karyawan atau Pegawai

Apabila pekerjaan anda saat ini merupakan seorang karyawan atau pegawai baik negeri maupun swasta, maka anda juga harus membuktikan jika status anda merupakan warga negara Indonesia. Selain itu, anda harus telah bekerja minimal satu tahun. Namun setiap leasing menetapkan lama kerja yang berbeda beda, ada juga yang lebih lama dari setahun. Persyaratan ini untuk menunjukkan kesanggupan anda melunasi cicilan mobil ke depannya.

syarat kredit mobil Persyaratan untuk kredit mobil

Selain itu, untuk beberapa persyaratan yang lain hampir sama dengan wiraswasta, seperti usia minimal, fotokopi anda dan pasangan (jika sudah menikah), fotokopi kartu keluarga atau akte nikah serta bukti jika anda saat ini tinggal di Indonesia. Anda juga harus menyiapkan fotokopi rekening koran atau tabungan untuk menunjukkan kondisi keuangan anda saat ini. Persyaratan lain meliputi fotokopi slip gaji maupun surat keterangan gaji.

Biasanya setiap leasing memberikan ketentuan yang tidak sama. Umumnya slip gaji yang harus disertakan setidaknya dua atau tiga bulan terakhir. Selanjutnya, anda juga wajib menyertakan fotokopi NPWP. Ada juga leasing yang menentukan batas maksimal usia ketika kredit lunas. Usia maksimal biasanya berkisar pada usia pensiun dimana anda sudah tidak dapat bekerja. Batas usia maksimal kredit lunas bisa berbeda antara leasing satu dengan yang lain.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, anda harus mencari mobil yang ingin dibeli, baru kemudian memilih leasing yang tepat. Syarat kredit mobil sebenarnya tidak rumit, namun anda juga harus memperhatikan cicilan yang harus dibayarkan perbulannya. Selain itu, jangka waktu kredit tergolong cukup lama sehingga terkadang memberatkan terutama untuk kondisi keuangan yang sedang kritis. Ada baiknya anda mempertimbangkan kembali sebelum mengajukan kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *