Agar Tidak Mudah Terinfeksi, Berikut Cara Efektif Pencegahan Virus Corona

Pencegahan Virus Corona

Peningkatan kasus virus Corona masih berlangsung hingga saat ini di berbagai penjuru dunia salah satunya di negara indonesia. Gejala awal orang yang terkena virus Corona adalah demam tinggi, mengalami batuk kering, sesak nafas, hingga nyeri pada otot bahkan ada juga yang sampai mengalami diare atau mual. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai upaya pencegahan virus Corona.

Cara Mencegah Virus Corona

1. Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun atau dengan cairan pembersih berbasis alkohol (hand sanitizer) sangat penting untuk dilakukan pada masa pandemi seperti sekarang ini. Mengapa cuci tangan merupakan hal penting untuk menangkal virus Corona ? Hal itu dikarenakan virus Corona merupakan virus yang terbungkus oleh lapisan lemak. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa air sabun atau hand sanitizer diklaim mampu untuk melarutkan lapisan lemak tersebut sekaligus membasmi virus Corona.

Pencegahan Virus Corona tangan

Sebelum dan setelah makan maka kamu perlu mencuci tangan. Selain itu, hindari untuk sering menyentuh bagian mulut atau hidung dengan tangan. Dikhawatirkan bahwa virus Corona yang menempel di tangan kemudian akan menyebar lebih luas lewat mulut atau wajah. Saat bepergian, kamu bisa membawa hand sanitizer. Kamu bisa gunakan hand sanitizer terlebih dulu, ketika habis menyentuh permukaan benda yang sering disentuh orang, seperti tombol lift atau gagang pintu,

2. Memakai Masker Saat Beraktivitas Diluar Rumah

Jika kamu sedang merasa tidak sehat, kamu dapat menggunakan masker sebagai perlindungan mencegah penyakit Corona. Kamu bisa menggunakan masker N95 atau masker bedah. Jenis masker ini sangat direkomendasikan sebab masker ini memiliki kemampuan proteksi yang sangat kuat. Jika tidak ada masker N95, bisa menggunakan masker medis atau bedah. Pastikan kamu menggunakan masker dengan benar, yakni masker tersebut harus menutupi mulut dan lubang hidung.

Jika masker yang kamu gunakan sudah tidak layak, maka jangan ragu untuk membuangnya dan ganti dengan yang baru. Masker idealnya hanya dipakai dalam waktu sehari. Ketika kamu menggunakan masker tersebut secara berulang atau dalam waktu lama maka dikhawatirkan masker ini akan menjadi tempat bakteri berkembang-biak. Akan tetapi saat kamu beraktivitas panjang di luar ruangan dengan menggunakan masker kain biasa maka pastikan kamu mengganti masker setiap 4 jam sekali.

3. Physical Distancing

Upaya pencegahan virus Corona yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah selalu menjaga jarak saat atau physical distancing berada di tempat ramai setidaknya 1 meter. Hindari untuk berada di dekat orang yang terduga memiliki gejala sakit Corona. Jika misalnya kamu menemui orang yang sedang batuk atau bersin, kamu sebaiknya juga menjaga jarak agar tidak sampai terkena percikan ludah dari orang tersebut.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan konsumsi makanan sehat dan hindari mengkonsumsi makanan yang masih mentah. Beberapa jenis makanan yang diyakini sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti buah lemon, apel, bawang putih, dan jahe. Menjaga sistem imun tubuh saat masa pandemi seperti sekarang ini sangat perlu agar tidak mudah terpapar virus Corona. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat dan protein tinggi.

Pencegahan Virus Corona MAKAN SEHAT1

5. Rajin Berolahraga

Meski masih dalam keadaan pandemi seperti ini maka kamu tetap harus berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Kamu bisa berolahraga yoga atau bahkan aerobik di rumah bersama dengan keluarga tercinta. Manfaat dari kedua jenis olahraga tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak gampang terserang virus berbahaya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah virus Corona agar tidak masuk dalam tubuh. Sebagai warga negara yang baik maka wajib bagi kamu untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Upaya yang dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus ini yang paling utama berasal dari kesadaran tiap individu tentang pentingnya kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *