Beberapa Hal yang Dapat Menyebabkan Asam Urat Kambuh

Beberapa Hal gejala asam urat

Perlu Anda ketahui bahwa asam urat merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan adanya permasalahan pada metabolisme purin. Saat ini sendiri ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit asam urat. Kebanyakan orang bahkan tidak mengetahui apa saja pemicu dan gejala asam urat tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Apa Saja Penyebab Asam Urat Kambuh?

Pada dasarnya terdapat kadar asam urat normal yang dimiliki oleh pria maupun wanita. Apabila kadar tersebut di atas normal maka disebut dengan hiperurisemia. Lantas apa saja yang dapat menyebabkan penyakit tersebut menjadi kambuh? Di bawah ini beberapa diantaranya:

1.Kurang Konsumsi Serat

Kebanyakan orang tidak memperdulikan asupan makanan mereka. Terlebih saat ini sendiri sudah banyak beredar makanan cepat saji. Padahal, sangat penting bagi seseorang untuk memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.

Beberapa Hal gejala asam urat ini

Apabila seseorang kekurangan konsumsi serat maka tentu saja proses metabolisme di dalam tubuh menjadi terganggu. Selain itu, apabila Anda mengkonsumsi serat dengan cukup maka akan menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi lambat dengan begitu purin yang masuk juga akan diproses lebih lambat sehingga kadar asam urat seseorang tetap rendah.

2.Berat badan berlebihan

Tidak hanya yang mengetahui bahwa pada dasarnya memiliki berat badan yang berlebihdan akan menyebabkan seseorang lebih mudah untuk mengalami risiko penyakit tertentu. Salah satunya adalah asam urat itu sendiri.

Beran badan yang berlebihan sendiri memiliki risiko yang lebih tinggi dalam menyebabkan tubuh memproduksi purin lebih banyak. Tidak heran jika kadar asam urat dalam tubuh seseorang dapat meningkat. Hal tersebut hanya akan membuat ginjal lebih sulit dalam membuat kadar purin tersebut dari dalam tubuh.

3.Konsumsi makanan tinggi purin

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi tentu saja akan menyebabkan asam urat menjadi kambuh. Beberapa jenis makanan pemicu asam urat tersebut seperti jeroan, daging merah, hingga makanan laut. Oleh karena itu, sangat penting bagi penderita untuk menghindari ataupun membatasi konsumsinya.

Terlebih saat ini ada banyak jenis makanan tinggi purin. Jangan sampai terjebak dalam memilihnya karena hanya akan menyebabkan kambuhnya asam urat. Selain berupa makanan, terdapat pula minuman manis serta alkohol yang juga dapat memicu kambuhnya penyakit tersebut.

4.Faktor genetik atau keturunan

Merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan seseorang mengalami asam urat. Tidak heran jika seseorang yang mempunyai riwayat asam urat dari keluarganya dapat lebih cepat pula dalam mengalai penyakit asam urat. Jika dibandingkan dengan orang lain yang sama sekali tidak memiliki riwayat penyakit tersebut.

Beberapa Hal gejala asam urat dan Penanganannya

Saat ini sendiri penderita asam urat pada kalangan mileniel semakin meningkat. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi Anda untuk menjaga pola makan dan asupan makan agar terhindar dari penyakit tersebut.

5.Memiliki penyakit tertentu

Perlu diketahui bahwa beberapa kondisi medis tertentu dari seseorang dapat memicu terjadinya penyakit asam urat. Beberapa penyakit tersebut mulai dari diabetes, hipertensi, penyakit jantung, gangguan ginjal, dan masih banyak lagi. Beberapa penyakit tersebut dapat menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh menjadi meningkat.

Tidak hanya itu saja, seseorang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat meningkan kadar asam urat dalam tubuh mereka. Seperti obat-obatan jenis aspirin dosis rendah, diuretic tiazid, atau obat pada pasien transplantasi organ.

Itulah beberapa informasi tentang asam urat yang bisa Anda ketahui. Anda bisa melakukan pengecekan kadar asam urat lebih lanjut ke dokter atau rumah sakit terdekat. Agar nantinya apabila terjadi masalah dapat langsung mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *