Beberapa Keuntungan Network Switch Serta Tipe- Tipe Nya

Keuntungan Network Switch smart factory

Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting. Apalagi di dalam suatu organisasi yang terstruktur dengan jaringan yang luas, seperti contoh perusahaan. Di dalam peruahaan tentunya terdapat banyak data yang harus disimpan, dilindungi dan di arsipkan menjadi beberapa kelompok. Maka baginya performa serta kinerja pekerjaan sebagian besar bergantung terhaap seberapa canggih serta lancarnya proses komunikasi dan jaringan yang terdapat di dalamnya. Maka dari itu tidak sedikit dari banyaknya perusahaan yang fokus untuk meningkatkan ke efektifan jaringan komputer. Karena banyaknya data yang tersimpan di beberapa komputer ini, maka beberapa komputer ini harus terhunung satu sama lain dalam satu jaringan yang sama. Sehingga, aabia dibutuhkan maka proses penerimaan serta pengiriman data dapat berjalan dengan lancar.

Salah satu alat yang di gunakan sebagai penghubung antara jaringan ini tadi adalah Network Switch. Keuntungan Network Switch dalam penggunaannya sangatlah besar. Alat satu ini berdasarkan OSI Model dijalankan untuk menerima dan mengirimkan data dari layer 2. Oleh sebab itu, Switch memiliki peranan yang sangat penting untukmendukung berjalannya sebuah jaringan komputer. network switch memiliki beberapa jenis yang beragam yang nantinya akan di sesuaikan dengan penggunaannya. Salah satu jenis pembagiannnya adalah di dasarlan denga jenis konfigurasinya yang di gunakan untuk menginstal serta menjalankan network switch.

Keuntungan Network Switch jasa sewa networking

Tipe- tipe network switch bedasarkan konfigurasinya terdapat managed switch, unmanaged switch, enterprise managed switch, dan smart switch. Dari beberapa jenis tersebut, jenis network switch yang paling sering digunakan adalah unmanaged switch. Secara umumnya, jenis network switch yang satu ini di jalankan tanpa konfigurasi yang rumit. Namun demikian hal ini juga memiliki kekurangan, tipe satu ini memiliki keterbatasan dalam kapasitas jaringan serta fitur nya disamping tipe nya yang mudah di operasikan karena tidak adanya konfigurasi yang rumit tadi. Oleh karena itu, network switch tipe satu ini, biasa di gunakan oleh perusahaan yang berskala kecil. Kelebihan lainnya lagi adalah unmanaged switch memiliki harga yang relatif terjangkau di bandingkan network switch tipe lain. Sementara itu, tipe lain switch yaitu managed switch, merupakan tipe yang harus dijalankan dengan menggunakan konfigurasi. Tipe kali ini memiliki beberapa macam bagian, seperti CLI (line interface) dan SNMP (Simple Network Management Protocol). Keuntungan Network Switch tipe satu ini adalah ada pada kapasitas jaringannya. Kapasitas jaringan dari managed switch terhitung lumayan besar, dengan fitur yang lebih lengkap, serta dilengkapi keamanan yang lebih baik. Disamping itu, berdasarkan konfigurasinya Network Switch memiliki sub kategori, yaitu enterprise managed switch dan smart switch. Smart switch sendiri merupakan bagian dari managed switch yang memiliki beberapa batasan dalam fiturnya. Network Switch satu ini memiliki sedikit konfigurasi dasar walaupun tidak mempunyai akses CLI. Hal ini menjadikan kapasitasnya kebih besar daripada unmanaged switch.

Keuntungan Network Switch port

Harga dari tipe satu ini juga relatif murah ketimbang managed switch. Sementara itu, tipe nya yang satu lagi adalah enterprise managed. Enterprise managed switch merupakan sebuah inovasi dari managed switch yang mana memiliki fitur yang terilang lebih lengkap dari pada managed switch pada umumnya. Tipe satu ini memiliki akses terhadap SNMP, CLI, dan web interface. Kebanyakan tipe satu ini digunakan pada sebuah institusi atau perusahaan yang memiliki kapasitas jarigan yan sangat besar serta mebutuhkan koneksi yang tepat. Itu lah tipe-tipe yang dimiliki oleh Network Switch. Para pengguna bisa mendapatkan keuntungan netwok switch sesuai dengan tipe yang di butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *