Dipercaya Miliki Manfaat, Berikut Tips Berjemur yang Aman di Musim Pandemi

Cara Berjemur yang Aman bagi Ibu Hamil

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penyebaran dari virus corona. Salah satu cara yang dianggap paling mudah dan praktis untuk dilakukan adalah dengan berjemur. Sebuah informasi yang beredar menyebutkan bahwa virus corona akan musnah di bawah sinar ultraviolet (UV) atau pada suhu yang panas. Vitamin D yang diproduksi oleh tubuh dari proses berdiam diri di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut akan diulas tips aman melakukan cara satu ini.

Tips Berdiam Diri di Bawah Sinar Matahari yang Aman

1. Batasi Paparan Sinar Matahari

Dengan melakukan kegiatan berdiam diri di bawah sinar matahari, anda bisa meningkatkan imunitas tubuh dan mendapatkan vitamin D. Habiskan tidak lebih dari waktu 30 menit di bawah sinar matahari setiap harinya. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan dosis vitamin D yang sehat tanpa menyebabkan potensi kerusakan seperti pada kulit. Karena apabila kita berlama-lama di bawah sinar matahari hingga siang, akan menyebabkan dampak negatif pada kulit anda.

Berjemur yang Aman

Pada musim panas, hari-hari berjalan cukup lama. Alih-alih keluar antara jam 10 dan jam 3, anda bisa memilih pergi di waktu pagi atau sore hari. Anda masih dapat menikmati manfaat dari sinar matahari, yang dikenal dapat membantu penderita depresi. Tanpa perlu mengekspos kulit anda terhadap sinar UV berbahaya yang dipancarkan selama jam-jam sibuk. Dengan begitu, anda masih bisa mendapatkan manfaatnya di jam-jam tersebut.

2. Menggunakan Tabir Surya dan Kacamata

Setiap kali anda pergi di bawah sinar matahari, anda harus mengoleskan tabir surya dari kepala hingga ke kaki anda. Karena dengan cara ini, kulit anda akan terlindungi dari sinar UV A dan UV B yang ada dari sinar matahari. Ingat pula untuk membatasi waktu anda di bawah sinar matahari. Oleskan tabir surya atau sunblock dengan SPF 30 atau lebih pada kulit, 20 sampai 30 menit sebelum melakukan kegiatan berdiam diri di bawah matahari ini.

Bila perlu, kenakan kacamata hitam yang dapat menangkal sinar UV A dan UV B. Gunanya tentu untuk melindungi mata anda dari bahayanya sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari di saat sedang terik. Sinar tersebut bisa membuat mata anda mengalami kebutaan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memakai kacamata hitam saat melakukan kegiatan satu ini.

3. Minum Air Putih Secukupnya

Ketika anda sedang berdiam diri di bawah sinar matahari, jangan lupa untuk membawa air minum. Karena saat anda sedang berada di bawah sinar matahari, disarankan untuk minum air secukupnya. Tujuannya agar tubuh anda tidak mengalami dehidrasi atau kehausan. Apabila anda merasa kepanasan atau lemas dan berkunang-kunang, maka segeralah untuk pindah ke tempat yang lebih teduh. Tentunya untuk mendinginkan tubuh anda agar terhindar dari heat stroke.

Sering Berjemur di Pantai Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

4. Terapkan Physical Distancing

Saat melakukan kegiatan satu ini di tengah pandemi virus corona, jangan lupa untuk selalu menerapkan physical distancing atau jaga jarak. Hindari berjemur di tempat yang ramai dan selalu perhatikan jarak dengan orang lain. Paling tidak terdapat jarak 1 hingga 2 meter dengan orang lain. Hal ini tentu saja penting untuk dilakukan guna mengurangi risiko anda terpapar oleh virus corona.

Dengan melakukan beberapa tips diatas, diharapkan anda bisa menerapkannya untuk menambah imunitas diri anda demi menangkal virus corona. Sebagaimana yang diketahui, bahwa saat ini jumlah angka positif di Indonesia semakin bertambah dan keadaan masih belum kembali normal. Oleh sebab itu, dengan melakukan berbagai kegiatan seperti ini bisa membantu menumbuhkan daya tahan tubuh anda untuk melawan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *