Inilah Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Baik dan Benar

Membersihkan lidah bayi adalah hal yang susah-susah gampang. Anda tidak perlu khawatir jika melihat lidah bayi yang berwarna putih. Jika lidah bayi anda berwarna putih, itu berarti lidah bayi anda kotor dan harus dibersihkan. Makanan utama bayi yang baru lahir adalah asi, jika lidah bayi berwarna putih besar kemungkinan itu adalah asi yang tersisa dan menempel. Kalau tidak segera dibersihkan, sisa-sisa asi tersebut bisa menjadi tempat tinggal bakteri yang tentu saja akan menimbulkan penyakit lain. Jika anda ingin membersihkan lidah bayi, anda bisa melakukannya setiap 3 atau 4 hari sekali. Jangan terlalu sering membersihkan lidah bayi karena memang sebaiknya mulut bayi tidak boleh dimasuki benda asing. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika anda rutih membersihkan lidah pada bayi anda.
1. Memelihara Kesehatan
Membersihkan lidah berarti memelihara kebersihan mulut bayi. Tentu saja secara tidak langsung hal ini juga membantu memelihara kesehatan bayi. Selain lidah, anda juga perlu membersihkan gusi. Tujuannya adalah agar pertumbuhan gigi susu bayi anda baik. Selain itu, membersihkan secara rutin juga bisa mencegah bau nafas yang tidak sedap. Jika sejak kecil bayi sudah dibiasakan membersihkan mulutnya, dia tidak akan asing dengan benda yang ditujukan untuk membersihkan mulut seperti sikat gigi. Kebiasaan ini juga bisa menanamkan perilaku disiplin terutama disiplin menjaga kebersihan mulut dengan cara sikat gigi.
2. Menghilangkan Racun
Seperti yang sudah dibahas, lidah yang berwarna putih adalah sisa-sisa asi dan jika tidak dibersihkan bisa menjadi tempat tinggal bakteri. Kalau dibiarkan bakteri tumbuh, hal ini bisa menjadi racun dan membuat bayi sakit. Oleh karena itu, anda bisa membersihkan lidah bayi 3 atau 4 hari sekali. Tidak harus menunggu sampai idahnya berwarna putih.
3. Indra yang Lebih Baik
Jika kotor, otomatis permukaan lidah tertutup kotoran. Hal ini menyebabkan indra pengecap tidak bekerja kurang baik karena tertutupnya oleh kotoran. Anda ikut mendukung perkembangan indra pengecap dengan cara membersihkan lidah bayi secara berkala.
Sekarang anda telah mengetahui manfaat apa saja yang diperoleh dari membersihkan lidah bayi. Anda juga tidak perlu khawatir bayi terkena penyakit serius jika lidahnya berwarna putih. Karena sejatinya itu merupakan kotoran berupa sisa-sisa asi. Membersihkan lidah bayi harus dilakukan secara lembut dan halus. Hal itu karena lidah bayi masih sangat sensitif dan rentan terhadap luka. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memakai sarung tangan basah, pastikan sarung tangan ini berbahan lembut dan hanya digunakan untuk membersihkan lidah bayi saja. Setelah itu buka mulut bayi perlahan dan gosokkan jari telunjuk anda ke lidah bayi secara lembut. Anda juga bisa membershikan gusi bayi sekaligus. Lakukan cara ini sambil berkomunikasi dengan bayi agar dia tidak menangis saat mulutnya dibuka dan dimasuki benda asing. Jika anda tidak punya sarung tangan, anda bisa menggunakan kain kecil. Sama seperti tadi, kain tersebut harus terbuat dan bahan yang lembut. Usahakan juga tidak mudah rontok karena dikhawatirkan rontokannya akan masuk ke mulut dan menyebabkan masalah baru. Sekarang anda bisa membersihkan lidah bayi dengan benar. Pastikan selalu media pembersih dan tangan anda sudah bersih sebelum memasuki mulut bayi. Anda sebaiknya juga tidak mempercayai mitos untuk membesihkan mulut bayi dengan kain bekas popok. Orang terdahulu mempercayai hal ini bisa membuat sistem imun bayi lebih kuat. Sebaliknya, kain bekas merupaka sumber bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *