Inilah Nama Resmi Tutup Pentil Ban dan Berbagai Manfaatnya

Nama tutup pentil ban motor

Siapa sangka ternyata tutup pentil ban motor memiliki manfaat yang besar. Banyak orang menganggap sepele benda kecil ini. Bahkan tidak jarang ada orang yang menganggap benda ini tidak ada. Tutup pentil yang huruf ā€œeā€ nya dibaca seperti pada kata cabe ternyata melindungi beberapa komponen pada ban.

Perlindungan yang dibuat tutup pentil adalah dengan menjaga bagian dalam ban motor agar tidak kemasukan udara dari luar. Tutup pentil ban ternyata terdiri dari beberapa komponen yaitu seal bahan karet, penonjok, serta per. Siapa sangka ternyata benda mini ini memiliki beberapa komponen di dalamnya. Tutup pentil ban sebenarnya memiliki nama resmi yaitu valve cap. Jika anda ingin mengempiskan ban, anda tinggal memencet bagian penonjok di tengah pentil maka udara akan keluar. Jika tidak dilindungi dengan tutup, kemungkinan udara keluar dengan tiba-tiba bisa saja terjadi.

Nama tutup pentil ban motor ini

Selain mencegah udara keluar secara tiba-tiba, tutup pentil ban juga mencegah masuknya air dan kotoran. Dengan begitu, ban bisa lebih awet dan tahan lama terutama bagian dalamnya. Bagian seal pada tutup pentil berfungsi agar udara tetap berada di dalam ban. Jika seal bocor, besar kemungkinan udara keluar secara perlahan-lahan. Hal ini sering disebut orang awam dengan istilah bocor halus. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah kebocoran pada seal sehingga udara keluar perlahan-lahan lewat celah yang ada. Ternyata, tutup pentil ban memiliki banyak manfaat yang tidak banyak orang ketahui. Lantas apa yang harus dilakukan untuk merawat benda kecil ini? Tidak ada cara spesifik untuk merawat tutup pentil ban, yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa tutup terpasang dengan sempurna.

Jika anda suka memompakan ban motor di luar seperti di bengkel, pastikan tutup pentil ban sudah terpasang kembali. Pasalnya, tidak sedikit orang yang curang dengan tidak memasangkan tutup pentil ban kembali. Tutup pentil ban memang bisa dijual lagi. Oleh karena itu, jika anda suka memompakan ban di luar pastikan orang yang memompa ban anda sudah memasang tutup pentil kembali. Selain itu, pastikan juga tutup pentil terpasang dengan kencang. Anda boleh mengecek posisi tutup pentil sebelum kembali berkendara. Fakta menarik lainnya tentang tutup pentil adalah adanya perbedaan warna antara ban yang diisi dengan nitrogen dan udara biasa. Di pom bensin biasanya anda bisa melihat jasa isi angin nitrogen. Hal itu berarti udara yang dimasukkan ke dalam ban adalah nitrogen. Nitrogen dinilai lebih stabil sehingga meminimalisir kebocoran. Meski harganya memang lebih mahal, ternyata banyak orang yang rela merogoh kocek lebih mahal. Jika ban anda diisi dengan nitrogen, maka tutup pentil akan diganti dengan warna hijau. Hal ini dimaksudkan sebagai penanda jika anda orang yang hendak mengisi angin ban, mereka tahu bahwa isinya adalah nitrogen.

Nama tutup pentil ban motor anda

Sekarang anda sudah tahu ternyata benda kecil seperti tutup pentil ban motor memiliki manfaat dan tidak boleh luput dari perhatian meski bentuknya sangat kecil. selain bermanfaat untuk menjaga komponen ban seperti mencegah kebocoran, tutup pentil juga dibedakan sesuai warnanya. Warna hijau menandakan ban berisi nitrogen. Warna standar seperti hitam atau bawaan pabrikan motor menandakan ban diisi dengan udara biasa. Ban yang diisi dengan nitrogen sebaiknya tidak dicampur dengan udara biasa karena akan membuat kinerja nitrogen kurang efisien. Dari sini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa setiap komponen motor sebaiknya diperhatikan secara seksama, termasuk tutup pentil ban atau valve cap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *