Jangan Takut Kedinginan, Berikut 7 Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin

manfaat mandi pagi

Setiap harinya tubuh akan terus dituntut untuk terus aktif dan produktif, sehingga perlu memiliki kondisi tubuh yang segar dan tetap bugar. Mandi di pagi hari merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Mandi di pagi mungkin nampak sepele, tapi nyatanya kegiatan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk intip 7 manfaat mandi pagi dengan air dingin yang perlu kamu ketahui.

7 Manfaat Mandi Di Pagi Hari Dengan Air Dingin Untuk Tubuh

1. Meningkatkan Sel Darah Putih

Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Inggris, diketahui bahwa mandi air dingin di pagi hari akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Sehingga saat sel darah putih dalam tubuh meningkat, daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan serangan virus juga akan meningkat. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat, bugar, dan tidak gampang sakit karena sistem kekebalan tubuh yang selalu terjaga.

2. Meningkatkan Kesuburan

Kamu perlu tahu bahwa mandi dengan air dingin di pagi hari, memiliki efek yang positif terhadap kesehatan reproduksi manusia. Dimana mandi dengan air dingin mampu meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. sehingga manfaat mandi pagi yang didapatkan adalah membuat kesuburan dan hasrat seksual menjadi meningkat.

3. Membuat Rambut Menjadi Lebih Sehat

Tahukah kamu pada saat rambut dibilas dengan air dingin saat mandi, ternyata dapat menutupi kurtikula rambut. Dimana karena kurtikula yang tertutup dapat mengurangi rambut rontok. Selain itu, air dingin juga membuat rambut lebih terlindungi dari kotoran yang biasanya akan menempel di kulit kepala. Dengan demikian, rambut kamu akan menjadi lebih kuat dan sehat.

4. Menghilangkan Depresi

Tahukah kamu bahwa mandi di pagi hari dengan air dingin, kerap kali digunakan oleh prajurit Jepang di masa lalu. Dimana ritual tersebut bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan dapat menjalani aktivitas dengan penuh semangat di hari tersebut. Terlepas dari ritual tersebut, sangat wajar jika manfaat mandi pagi dengan air dingin adalah dapat meredakan depresi dan stres.

5. Mengurangi Risiko Darah Tinggi

Menurut seorang hipnoterapis yang berasal dari The American Board of Hypnotherapy bernama Frederic Premiji, mandi pagi dengan menggunakan air dingin akan mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah, dan juga varises. Dimana hal tersebut karena mandi air dingin bisa melancarkan sirkulasi darah menuju organ organ tubuh.

6. Memperlancar Sirkulasi Darah

Sebuah studi penelitian pada trombosit yang dilakukan di Inggris, diketahui jika seseorang sering mandi dengan air dingin di pagi hari akan membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Sehingga membuat tubuh jadi lebih segar dan bugar. Dan manfaat mandi pagi dengan air dingin tersebut akan sangat berguna untuk mempersiapkan diri dalam menjalani aktivitas sehari hari.

7. Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh

Kebiasaan mandi pagi dengan menggunakan air dingin membantu dalam memperbaiki kulit, menjadikan kulit tidak mengering dan lebih tangguh. Selain itu, mandi dengan air dingin juga mampu untuk mengurangi adanya noda dan lingkaran hitam di bagian bawah mata. Dengan begitu, kesegaran wajah kamu akan terpancar. Mandi dengan air dingin di pagi hari juga bagus untuk jaringan kuku, sehingga kuku menjadi lebih sehat, kuat, dan tidak mudah retak.

Itulah 7 manfaat yang akan kamu dapatkan dengan rajin mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, tentu saja membuat tubuh mampu menjalankan aktivitas di sepanjang hari. Tidak hanya itu, mandi dengan air dingin di pagi hari juga bagus untuk kesegaran wajah. Dengan banyaknya manfaat tersebut, jangan malas mandi di pagi hari dengan alasan dingin ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *