Jenis-jenis Ikan yang Cocok di Sop

sop Ikan Kakap

Sop disebut sebagai salah satu masakan rumahan yang selalu dirindukan, berkat rasanya yang lezat dan menyegarkan. Tidak hanya lezat, ternyata sop masuk dalam salah satu kuliner sehat karena dibuat menggunakan campuran sayuran yang direbus. Bahkan sebagian orang menambahkan daging ikan di dalam sop, untuk meningkatkan nilai gizi di dalamnya. Berikut beragam jenis ikan yang kerap diolah menjadi sop ikan.

Aneka Jenis Ikan yang Cocok Dijadikan Sop

1. Ikan Nila

Siapa yang tidak kenal dengan kelezatan yang ditawarkan oleh daging Ikan Nila ? Tekstur dagingnya yang padat nan lezat, dirasa ideal dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan aneka kuliner sedap tidak terkecuali sop sekalipun. Selain itu, ikan satu ini memiliki harga yang cukup ekonomis, sehingga para ibu rumah tangga tidak perlu khawatir isi kantong akan ludes ketika ingin membuat sop dari daging ikan nila.

ikan nila sup merah sop Ikan Nila

Selain terkenal akan harganya yang bersahabat di kantong, nilai gizi dari daging ikannya pun dirasa mampu memenuhi kebutuhan gizi harian. Tidak perlu heran jika Ikan Nila terpilih dalam daftar ikan favorit yang selalu laris di pasaran. Bahkan permintaan pasar pun kian tinggi setiap tahunnya, sehingga tidak ada salahnya memasukkannya dalam bahan utama saat hendak membuat sop favorit keluarga Anda.

2. Ikan Kakap

Miliki tekstur daging yang lembut, lezat, dan lumayan padat membuatnya ideal dijadikan sebagai bahan pembuatan sop. Rasa dagingnya pun akan terasa mantap ketika dipadukan dengan kesegaran kuah sop dan gurihnya aneka sayuran di dalamnya. Ikan Kakap pun dibandrol dengan harga bersahabat yang membuatnya banyak diburu di pasaran. Nilai gizinya pun cukup melimpah, sehingga tidak perlu ragu menjadikannya sebagai makanan favorit.

Sup Kuah Asam Resep sop ikan kakap

3. Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri termasuk jenis biota laut yang banyak diolah menjadi aneka kuliner lezat mulai dari kerupuk tengiri hingga sop sekalipun. Selain terkenal akan kelezatannya, ternyata daging ikan tengiri mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Ditambah lagi dengan tekstur dagingnya yang tidak mudah hancur, dirasa ideal dijadikan sebagai bahan baku utama membuat hidangan berkuah seperti sop.

sop ikan tenggiri kuah bening

4. Ikan Kerapu

Ikan Kerapu ditunjuk menjadi salah satu jenis ikan yang populer dicari di pasaran, mengingat rasa dagingnya yang begitu lezat nan lembut ketika dikonsumsi. Walaupun dagingnya terasa empuk, namun sangat cocok dijadikan sebagai olahan sop. Perpaduan rasa antara daging ikan Kerapu yang berpadu mesra dengan kesegaran kuah sop, dirasa berhasil membuat siapapun ketagihan untuk mengkonsumsinya kembali di lain waktu.

sop Ikan Kerapu tom yam ikan kerapu

Kaya akan nilai gizi, membuat ikan satu ini lebih mahal dibandingkan jenis ikan lainnya. Tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsinya, tidak mengherankan jika banyak pebisnis tergiur membudidayakannya. Ternyata tingginya pesanan Ikan Kerapu tidak hanya terjadi di dalam negeri saja, sebab ikan satu ini pun kerap diekspor untuk kemudian diolah menjadi aneka kuliner lezat.

5. Ikan Dori

Kerap dijadikan fillet ikan, siapa sangka jika daging Ikan Dori juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan membuat sop ikan. Sebab ikan tawar satu ini memiliki tekstur daging yang empuk namun tebal, sehingga tidak mudah lepas dari tulangnya namun juga memudahkan Anda ketika hendak menyantapnya. Tidak hanya disukai oleh masyarakat dalam negeri semata, bahkan ikan satu ini juga cukup populer di beberapa negara lainnya.

sop ikan dori

Terkenal akan rasanya yang segar dan kaya akan gizi, sop terpilih menjadi masakan rumahan yang banyak disukai berbagai kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun. Walaupun termasuk olahan sederhana, masakan satu ini membawa segudang manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Sayangnya pembuatan sop yang terbuat dari ikan tidak boleh dilakukan sembarangan, karena Anda harus mengetahui jenis ikan tepat sebelum membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *