Ketahui Tips Pakaian Wawancara Kerja yang Akan Membuat HRD Terkesan

Anda sudah melamar kesana kemari tapi tak kunjung mendapat pekerjaan? Kemungkinan besar kesalahan yang anda buat terletak pada pakaian saat wawancara kerja. Wawancara kerja bukan sekedar datang ke tempat kerja dan menjawab pertanyaan yang diajukan HRD. Faktanya, HRD tidak hanya menilai dari jawaban yang anda berikan, namun juga dari pakaian. Oleh karena itu, sebaiknya anda memperhatikan dengan baik penampilan dari ujung rambut hingga kaki. Kebanyakan dari anda mungkin bingung pakaian apa yang harus dikenakan saat wawancara kerja. Berikut adalah beberapa tips pakaian wawancara kerja yang akan membuat HRD terkesan.
1.Atasan
Atasan yang paling aman dipakai oleh laki-laki dan perempuan saat wawancara kerja adalah kemeja. Pilih kemeja yang rapi dan nyaman untuk dipakai. Khusus untuk perempuan, jangan memakai kemeja yang terlalu heboh. Contohnya, kemeja anda banyak renda di bagian lengan atas dan bawah. Hal ini akan mengurangi kesan formal. Warna kemeja juga perlu anda perhatikan. Sejauh ini, putih adalah warna formal yang paling aman dipakai. Jika terlalu pasaran, anda bisa memilih kemeja berwarna biru. Hindari kemeja berwarna hitam karena menimbulkan kesan sedih.
2.Bawahan
Untuk laki-laki dan perempuan disarankan menghindari bawahan berbahan jeans. Sebaiknya, bawahan yang dipakai berbahan kain sehingga kesan rapi lebih menonjol. Hal ini juga berlaku meski anda melamar di perusahaan startup yang bernuansa milenial. Saat interview, anda tetap harus berpenampilan sopan dan rapi. Jangan mengenakan celana ripped atau bawahan yang menimbulkan kesan kurang rapi. Ada banyak bawahan berbahan kain dan chinos dengan berbagai gaya. Khusus untuk perempuan, anda juga diperbolehkan mengenakan rok hitam pendek untuk menonjolkan nuansa formal.
3.Alas Kaki
Alas kaki juga perlu diperhatikan. Baik laki-laki maupun perempuan sebaiknya mengenakan sepatu. Boleh sneakers, pantofel, atau sepatu model lain. Banyak perempuan yang kurang suka mengenakan sepatu. Alternatifnya adalah anda bisa mengenakan flat shoes. Jangan mengenakan sepatu sandal. Usahakan mengenakan alas kaki yang menutup bagian kaki hingga jari-jari. Akhir-akhir ini banyak bermunculan model sepatu sandal yang memang bisa dipakai ke acara formal. Anda perlu ingat bahwa interview bukan acara formal, tetapi ajang anda bersaing dengan ratusan pencari kerja yang lain. Buat diri anda serapi mungkin.
4.Gaya Rambut
Hal ini juga perlu anda perhatikan. Perempuan yang berambut panjang sebaiknya menjepit atau mengucir rambutnya sehingga tidak berantakan. Sedangkan laki-laki sebaiknya menyisir rambut hingga rapi. Jika rambut anda sedikit panjang, usahakan memakai pommade. Khusus untuk laki-laki usahakan bercukur terlebih dahulu. Jika anda perempuan yang mengenakan hijab, kenakan hijab sewajarnya. Model yang disarankan adalah hijab segi empat. Pashmina boleh dikenakan asalkan diikat rapi supaya tidak jatuh berulang kali.
Selain memperhatikan pakaian wawancara kerja, anda juga harus memperhatikan penampilan. Perempuan boleh mengenakan riasan wajah supaya terlihat lebih segar. Laki-laki boleh mengenakan bedak seperti bedak bayi agar wajah tidak lusuh. Tips lainnya adalah anda harus wangi. Bau badan bisa membuat orang ilfeel seketika. Jika anda pengendara motor, pakai parfum setelah sampai di lokasi. Memakai parfum saat berangkat sama saja sia-sia karena bau parfum akan menguap, terlebih jika parfumnya adalah parfum murah. Oleh karena itu, semprotkan parfum anda ketika sudah sampai di lokasi agar baunya lebih tahan lama. Anda bisa menyemprotkan parfum sebanyak dua sampai tiga kali di parkiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *