Lingkar Pinggang Jadi Tolak Ukur Kesehatan Anda, Baca Ini!

Bagian tubuh yang paling mudah melebar karena penumpukan lemak adalah perut. Oleh sebab itu mengukur lingkar pinggang sangat penting karena ukuran pinggang ternyata menjadi salah satu indikator kondisi kesehatan Anda.
Sebuah penelitian menunjukkan fakta bahwa semakin lebar ukuran pinggang maka semakin besar juga resiko seseorang mengalami berbagai penyakit kronis. Lantas, berapa ukuran lingkar di pinggang yang aman? Berikut informasinya untuk Anda!
Ukuran Lingkar Pinggang yang Aman
Selama ini banyak orang yang hanya berfokus pada penurunan berat badan untuk menentukan kesehatannya. Padahal indikator kesehatan tidak hanya penurunan berat badan melainkan juga ukuran lingkaran pinggang seseorang.
Ukuran dari lingkaran pinggang yang besar menjadi tanda bahwa seseorang memiliki kelebihan lemak di bagian perut. Lemak menumpuk di bagian perut dan menyebabkan lingkaran pinggangnya melebar dan hal ini cukup berbahaya.
Kondisi kelebihan lemak di perut yang mengakibatkan ukuran lingkaran pinggang melebar bahkan bisa terjadi pada seseorang yang berat badannya ideal. Oleh sebab itu mulai sekarang jangan hanya mengukur berat badan tanpa mengukur lingkaran pinggang Anda.
Beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi ketika seseorang memiliki ukuran lingkaran pinggang yang berlebih diantaranya :
Trigliserida yang tinggi
Kadar gula darah tinggi
Kolesterol tinggi
Tekanan darah yang tinggi
Kondisi – kondisi seperti di atas dapat membuat Anda lebih beresiko mengalami berbagai macam penyakit kronis, termasuk mengalami kondisi sakit jantung, diabetes mellitus tipe2, stroke dan bahkan kanker usus.
Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa resiko kematian seseorang dapat mengalami peningkatan sampai 50% ketika ia memiliki ukuran lingkaran area pinggang melebihi batas normal. Hal ini tidak hanya terjadi pada pria, melainkan juga terjadi pada wanita.
Oleh sebab itu cobalah mengukur lingkaran pinggang Anda sedari sekarang. Untuk mengukurnya berikut tata cara yang bisa Anda coba terapkan, meliputi :
Singkapkan baju yang dipakai sampai di bawah dada ketika menghitung lingkaran pinggang. Atau Anda bisa gunakan pakaian atau tanpa pakaian ketika mengukur agar tidak terganggu oleh baju.
Lingkarkan pita pengukur di sekeliling perut dan sejajar dengan tali pusar
Pastikan jangan Anda posisikan pita terlalu ketat atau terlalu kendur
Cobalah untuk bernafas seperti biasa kemudian baca hasil pengukuran pada saat Anda membuang napas
Ambil angka yang berpotongan dengan angka 0 yang terdapat pada bagian pita pengukur
Setelah Anda melihat ukuran lingkaran pinggang, coba bandingkan dengan acuan ukuran normal. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari standar Kementerian Kesehatan RI, ukuran dari lingkaran pinggang yang normal sebagai berikut :
Lingkaran pinggang untuk pria dengan ukuran 90 cm ke bawah
Ukuran lingkaran pinggang untuk wanita sebesar 80 cm ke bawah
Jika hasil pengukuran menunjukkan lingkaran pinggang yang tak sehat, maka Anda perlu upaya menurunkannya. Cara yang bisa Anda terapkan untuk menurunkan ukuran lingkar dari pinggang Anda sebagai berikut :
Pastikan agar Anda mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang
Jangan lupa untuk rajin olahraga atau setidaknya aktiflah bergerak setiap hari
Hindari kebiasaan merokok dan kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol
Istirahatlah secara cukup setidaknya 8 jam sehari
Demikian sedikit ulasan yang kami dapat berikan untuk Anda tentang ukuran lingkar pinggang yang aman dan cara pengukurannya yang tepat. Jaga selalu kesehatan Anda sedari sekarang dengan menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *