Macam Macam Investasi Cryptocurrency

jenis cryptocurrency Investasi Crypto

Crypocurrency alias mata uang kripto adaah salah satu jenis transaksi non tunai yang sedang berkembang di seluruh dunia. Semakin banyak transaksi si dunia maya yang mulai menggunakan set mata uang digital atau kripto tersebut. Bahkan kehadiran kripto ini sudah mulai diakui dan diatur sebagai instrument investasi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Nah sebelum anda mulai melakukan investasi ini, yuk simak jenis cryptocurrency berikut.

Jenis Aset Investasi Cryptocurrency yang Wajib Anda Tahu

1 Ctyptocurrency

Jenis aset kripti yang paling terkenal adalah Cryptocurrency, yang jika mendengar namanya pasti akan terlintas Bitcoin. Hal ini bukanlah sesuatu yang salah, karena Bitcoin adalah salah satu crypocurrency yang paling banyak diminati. Cryptocurrency seperti Bitcoin sendiri pada dasarnya memang dirancang untuk digunakan dengan cara yang mirip dengan mata uang tradisional. Selain itu aset ini jug bertindak sebagai penyimpan nilai ataupun media transfer.

jenis jenis mata uang kripto jenis cryptocurrency

2 Platform Token

Selain Cryptocurrency, platform token juga menjadi aset besar lainnya. Salah satu token platform kripto terbesar di dunia ini adalah Eter atau RTH yang berasal dari blockchain Ethereum. Dalam kasus ETH, anda dapat menggunakan ETH untuk berinteraksi dengan aplikasi yang didesentralisasi dalam jaringan Ethereum. ETH secara tradisional juga digunakan untuk berpartisipasi dalam ICO atau Initial Coin Offering.

3. Token

Tentunya token adalah salah satu jenis cryptocurrency yang sering anda dengar. Ada beberapa jenis token yang perlu anda ketahui seperti token unitilitas, token sekuritas dan token aset alami. Ketiga jenis token tersebut juga memiliki sistem yang berbeda beda pula. Untuk token utilitas ini adalah istilah lain yang banyak digunakan di seluruh komunitas kripto. Secara umum, token utilitas adalah aset blokchain yang dapat deprogram dan diklaim dalam suatu aplikasi.

Sementara itu untuk token sekuritas adalah obliges digital, ekuitas dan sekuritas lain yang tersedaian untuk peer to peer trading tanpa perantara keuangan. Token sekuritas merupakan jenis token yang perlu diatur di bawah hukum sekuritas nasional, misal SEC yang bertanggung jawab mengatur penjualan dan pertukaran sekuritas di Amerika Serikat. Token ini berada di bawah yuridiksi SEC.

Terakhir adalah jenis token aset alami yang dapat menemukan reprsentasi berbasis blockchain dari barang atau fisik. Barang atau fisik tersebut adalah emas, minyak dan juga karbon. Aset berbasis blockchain ini pun dapat diperdagangkan dengan sangat mudah. Salah satu contohnya adalah Royal Mint Gold, token emas digital dari Royal Mint yang bermitra dengan Chicago Mercantile Exchange.

4. Cryptocellectibles

Cryptocollectubies atau biasa disebut dengan nama kripto yang dapat dikoleksi. Aset kripto satu ini pun dapat mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu dan dapat menghadirkan peluang yang sangat baik. Salah satu contohnya adalah aplikasi berbasis Ethereum yang memungkinkan untuk membeli, membesarkan dan mengembangkan hewan peliharaan virtual yang unik, Perlu diketahui jika aset ini berbasis blackchain yang unik dan dapat diubah menjadi cryptocollectible.

jenis cryptocurrency yang perlu anda tau

5. Crypto Fiat Currencies

Jenis aset kripto lain yang bisa nada coba adalah crypto flat currencies atau mata uang yang nilainya dapat dikendalikan pemerintah. Tujuan dari adanya aset ini adalah untuk membuat pasar lebih efesien, merangkul manfaat aset blockchain sambil mengurangi kerugian dari aset fiat. Salah satu contoh dari jenis aset kripto ini adalah petro yang diluncurkan oleh Venezuele.

Itulah beberapa jenis aset kripto yang bisa anda gunakan sebagai salah satu produk investasi. Beberapa jenis kripto tersebut tengah populer di pangsa berjangka, sehingga anda bisa memilih salah satunya sebagai aset investasi. Masing masing dari jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga anda harus jeli untuk memilih satu dari sekian banyak jenis mata uang kripto tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *