Macam-macam Style Modifikasi Motor Yang Layak Jadi Referensi

Style modifikasi motor ini

Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang amat sangat banyak dan mudah ditemui sekarang ini. Pasalnya sepeda motor memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kendaraan yang lain, sehingga lebih membuat banyak orang merasa nyaman memilihnya sebagai kendaraan pribadi. Tetapi kiranya sekarang ini sepeda motor bukan hanya sekedar dijadikan kendaraan semata, pasalnya bagi sebagian kalangan sepeda motor dapat pula dijadikan sebagai penyalur hobi. Salah satu hobi yang terkait dengan sepeda motor adalah modifikasi motor, terutama motor-motor jenis tertentu.

Berbicara tentang aktivitas memodifikasi sebuah motor, ternyata orang-orang yang melakukannya tidaklah sembarang eksekusi. pasalnya , ternyata ada style yang menjadi rujukan akan seperti apa motor mereka dimodifikasi. Adapun beberapa macam style memodifikasi sebuah motor antara lain sebagai berikut.

1.Cafe Racer

Style yang pertama ini bisa dibilang salah satu style paling umum ditemui, karena memang begitu banyak orang yang memodifikasi motor milik mereka dengan style ini. Ciri style satu ini ada pada bentuk stangnya yang bertipe jepit menunduk, joknya yang rata dan hanya untuk single seater, tangki bahan bakarnya yang ramping dan memanjang supaya nyaman dijepit oleh paha.

Style modifikasi motor Lomba Modifikasi Motor

2.Bobber

Awalnya hanya motor-motor harley saja yang menggunakan style bobber ini, tetapi seiring perkembangan zaman ternyata motor lain pun cukup apik menggunakannya. Karakteristik style ini yaitu melepas fender bagian depan, memendekkan bagian belakang, menggunakan stang rendah, memakai ban donat alias yang profilnya gendut.

3.Scrambler

Style modifikasi sepeda motor yang satu ini paling pas untuk para offroader, karena memang motor akan dibuat seolah menjadi motor offroad. Cirinya jelas terletak pada ban tahu yang digunakan, knalpot yang berada di samping body motor, dan juga ground clearance tinggi guna mempermudah manuver pada berbagai medan.

4.Chopper

Stang yang tinggi, jok yang rendah, fork yang panjang serta memakai rangka dengan desain khusus tampak miring merupakan ciri khas motor modifikasi dengan style Chopper. Selain itu ciri khas lainnya ada di bagian kaki-kaki yang diameter roda depannya lebih besar daripada roda bagian belakang.

5.Jap Style

Style yang satu ini akan sangat cocok untuk mereka yang ingin memodifikasi motor tetapi tetap nyaman digunakan sehari-hari. Pada dasarnya tidak banyak hal yang harus dimodif jika menggunakan style satu ini, hanya beberapa hal saja yaitu memotong rangka belakang, mengganti ban dengan yang ukurannya lebih besar dan juga lebar, membentuk tangki bensinnya agar lebih kecil.

Style modifikasi motor

6.Sinner and Socal

Sebetulnya style ini merupakan pengembangan dari style Chopper yang stangnya dimodifikasi menjadi T-bar atau Z-bar atau juga U-bar agar tidak terlalu lebar. Ban kecil pada kedua rodanya menjadikannya lebih unik dan juga tidak tampak layaknya kebanyakan chopper yang lainnya.

7.Street Cub

Motor ini khusus style yang memodifikasi motor bebek tahun 1970an asal Honda. Ciri khasnya tampak pada bagian belakang yang tidak menggunakan spakbor, dan juga menggunakan stang bertipe flat bar alias semi hanger yang akan membuat motor tampak lebih simpel. Street cub sangat sering dikombinasikan menggunakan ban donat.

Itulah beberapa style atau gaya modifikasi motor yang mungkin bisa menjadi referensi baru bagi pembaca sekalian yang hendak memodifikasi sepeda motornya. Proses modifikasi sendiri pada dasarnya bisa dilakukan secara mandiri, tetapi jika ingin hasil yang lebih baik dan lebih memuaskan tidak ada salahnya untuk mempercayakannya kepada ahlinya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *