Mahasiswa Wajib Tahu, Berikut 6 Tata Cara Chat Dosen Yang Baik dan Sopan

Tata Cara Chat Dosen ETIKA MENGHUBUNGI DOSEN

Sebagai seorang mahasiswa, berkomunikasi dengan dosen adalah sesuatu yang tidak mungkin dihindari. Pada era digitalisasi ini semakin memudahkan dosen dan mahasiswanya berkomunikasi melalui berbagai media sosial. Tata cara chat dosen harus baik dan sopan layaknya ketika berkomunikasi secara langsung. Simak tata cara yang benar dibawah ini.

Tata Cara Mengirim Pesan Ke Dosen Yang Baik dan Sopan

1. Memperhatikan Waktu

Apabila kamu ingin menghubungi dosen, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengirimnya. Mengingat dosen memiliki banyak agenda kesibukan di akademik ataupun kehidupan pribadinya. Maka dianjurkan bagi mahasiswa yang menghubungi dosen memperhatikan waktu pengiriman pesan. Mengirim chat ke dosen lebih baik dilakukan pada jam kerja.

Tata Cara Chat Dosen

Jam kerja disini bisa disamakan dengan waktu perkuliahan, seperti hari senin sampai jumat pada waktu antara jam 8 hingga jam 3 sore. Meskipun mungkin akan ada banyak dosen yang memiliki jadwal terlalu padat dan bisa saja dibalas diluar jam tersebut, kamu lebih baik dianjurkan untuk mengirimkan chatmu di waktu waktu tersebut agar semakin cepat direspon.

2. Mengawali Chat Dengan Salam

Salam menunjukkan suatu etika sopan santun. Ada berbagai salam yang bisa kamu lakukan kepada dosen, menyesuaikan dengan berbagai aspek. Misalnya apabila dosen beragama muslim bisa dengan mengucapkan Assalamualaikum Bapak/Ibu. Namun anda juga bisa memberikan salam yang general bisa digunakan kepada semua kalangan menggunakan salah seperti selamat pagi atau malam.

3. Ucapan Permintaan Maaf

Terkadang ada banyak dosen di Indonesia yang merasa terganggu dengan pesan yang tiba – tiba muncul di sela – sela kesibukannya. Akan lebih baik apabila mahasiswa yang ingin menghubunginya mengucapkan permintaan maaf di awal karena menganggu waktunya sejenak untuk membaca pesanmu. Menyelipkan kalimat ini juga bisa membuatmu terlihat lebih sopan.

4. Memperkenalkan Diri

Tata cara chat dosen yang paling penting dan krusial adalah memperkenalkan diri. Terlebih untuk kamu yang baru saja menghubungi dosen, nama dan juga identitas mahasiswa harus lengkap agar dosen bisa membaca pesanmu dengan benar dan memberikan respon yang baik. Apabila kamu lupa menaruh nama dan status kemahasiswaan, besar kemungkinan pesanmu tidak akan direspon.

Memberikan penjelasan mengenai identitasmu di dalam pesan akan lebih menunjukkan sifat profesionalmu. Kalimat perkenalan diri kepada dosen bisa diawali dengan nama, jurusan, prodi, angkatan, hingga NIM kemahasiswaan. Tidak hanya ke dosen, memperkenalkan diri pada pesan pertama patut dilakukan untuk mengirim pesan kesiapapun.

5. Menggunakan Kaidah Bahasa Yang Benar

Mengirim chat ke dosen diharuskan menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar. Maksud dari kaidah bahasa yang benar adalah tidak menggunakan kalimat yang disingkat dan bahasa gaul lainnya. Berhadapan dengan dosen harus menunjukkan sikap yang profesional dan juga sopan santun. Chat kepada dosen tidak bisa disamakan dengan chat bersama teman.

Tata Cara Chat Dosen Etika Dan Tata Krama Dalam SMS Dan Chatting

6. Ucapan Terima Kasih

Jangan lupa pada pesan penutupan memberikan ucapan terima kasih. Sekalipun dosen belum merespon pesanmu tetap harus mengucapkan terima kasih karena telah menyempatkan waktunya membaca pesan yang kamu kirim. Ucapan ini bisa menjadi salam penutupan dari pesan yang kamu kirim. Dijamin susunan pesan yang kamu kirim sudah sesuai dengan etika sopan santun.

Nah itulah beberapa tata cara untuk mengirim pesan kepada dosen. Mengirim pesan mungkin menjadi hal yang sepele untuk sebagian orang. Namun etika sopan santun tetap harus dijunjung. Bagi kamu yang sering menghubungi dosen, akan lebih memperhatikan tata cara yang benar seperti diatas sehingga akan lebih terlihat sopan dan juga professional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *