Mengenal Apa Itu Polis Dalam Asuransi Beserta Tips Memilih Polis Yang Tepat

Tips Memilih polis asuransi ini

Berbicara mengenai asuransi, dibutuhkan pemahaman dan pertimbangan yang matang sebelum memilikinya. Mengingat asuransi adalah hal kompleks, masih banyak orang yang kurang paham seluk beluk asuransi. Belum lagi masalah reksadana dan polis asuransi. Untuk memberi pemahaman terkait hal tersebut, berikut akan diulas polis dan tips memilihnya.

Pengertian Polis Dalam Asuransi Yang Wajib Anda Tahu

Kata asuransi memang sudah umum terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Namun jika ditelusuri, ada banyak sekali padanan kata dan istilah dalam asuransi yang tidak dipahami banyak orang. Salah satunya adalah polis asuransi. Pemahaman tentang polis dalam asuransi merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum memilih asuransi.

Tips Memilih polis asuransi

Jangan sampai anda memutuskan untuk menggunakan asuransi namun tidak mengerti berbagai istilah yang digunakan di dalamnya. Ada begitu banyak orang yang beranggapan bahwa polis adalah sejumlah biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya. Padahal, definisi dari polis sendiri tidaklah demikian.

Polis adalah sebuah bukti perjanjian tertulis yang telah disepakati oleh pihak perusahaan asuransi dengan nasabah. Isinya menjelaskan tentang segala hak dan kewajiban yang harus ada di antara kedua belah pihak. Polis ini tak hanya perjanjian tertulis saja, tulisan yang tertulis di dalamnya dilindungi oleh hukum negara yang sah.

Fungsi Polis Dalam Asuransi

Bagi kedua belah pihak antara tertanggung dan penanggung memiliki fungsi polisnya tersendiri. Polis menjadi alat bukti tertulis atas jaminan penanggungan untuk mengatasi berbagai risiko penggantian kerugian yang bisa saja terjadi. Fungsi polis bagi nasabah atau tertanggung adalah menjadi bukti pembayaran premi setiap bulannya.

Polis juga memiliki fungsi penting bagi nasabah yakni sebagai bukti autentik untuk menuntut penanggung. Bukti ini akan sangat dibutuhkan jika suatu saat terjadi kelalaian yang tidak memenuhi jaminan sebagai tanggung jawabnya. Sementara fungsi polis bagi penanggung adalah menjadi bukti tertulis atas jaminan yang diberikannya.

Polis menjadi alat bukti sah atau tanda terima premi asuransi yang telah dibayarkan nasabah. Jika polis bisa digunakan nasabah untuk menuntut pihak penanggung, maka penanggung juga bisa menggunakan polis dalam asuransi untuk menolak tuntutan ganti rugi. Hal ini dapat terjadi jika penyebab tuntutan tidak memenuhi syarat polis yang dimilikinya.

Strategi Memilih Asuransi Dengan Polis Yang Tepat

Pada dasarnya, ada begitu banyak jenis layanan asuransi yang bisa anda pilih. Sebagai calon nasabah, penting bagi anda untuk memilih layanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai, anda salah pilih saat ingin mendapatkan perlindungan atau jaminan asuransi yang bisa jadi tidak anda butuhkan.

Tips Memilih polis asuransi itu

Sebagai contoh, anda telah memiliki asuransi kesehatan murni, namun hanya karena tertarik dengan produk asuransi unit link maka anda juga menggunakannya. Hal demikian justru akan menimbulkan dampak negatif bagi anda sendiri. Sebaliknya, ketahui dulu apa yang paling anda butuhkan sebelum memilih asuransi.

Di beberapa perusahaan asuransi, terdapat layanan yang memungkinkan nasabah untuk menggunakan satu polis secara bersamaan dengan orang lain dalam keluarga. Jenis layanan ini akan sangat menguntungkan untuk anda, mengingat pembayaran hanya satu polis untuk anggota keluarga. Jadi, pilihlah perusahaan yang menyediakan sistem layanan polis ganda.

Sampai saat ini, asuransi masih menjadi investasi jangka panjang yang banyak digunakan. Bagaimana tidak, dengan adanya asuransi anda akan mendapat proteksi diri dan keluarga. Keberadaan polis juga memberikan anda banyak keuntungan dalam berinvestasi. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah untuk menyisihkan dana anda untuk tabungan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *