Mengenal Macam-Macam Asuransi Kesehatan di Indonesia

Mengenal Macam-Macam Asuransi Kesehatan di Indonesia ini

Kondisi seseorang yang tidak selalu sehat menyebabkan seseorang membutuhkan investasi untuk kesehatan. Salah satu cara yang dipilih untuk menjamin kesehatan adalah menggunakan asuransi. Pemilihan asuransi kesehatan dinilai dapat melindungi keadaan finansial yang kurang stabil. Tidak semua asuransi kesehatan memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Agar tidak salah memilih. Berikut ini macam-macam asuransi kesehatan yang ada di Indonesia.

Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

1. Asuransi AXA

Asuransi ini merupakan asuransi kesehatan yang sudah terdaftar di OJK Indonesia, jadi para pengguna asuransi ini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang diberikan. Tidak hanya itu, AXA juga menjadi salah satu perusahaan asuransi terbesar yang ada di dunia. Kemudahan dari asuransi ini adalah pembelian asuransi yang bisa dilakukan secara online. Asuransi kesehatan di AXA memberikan penggantian biaya rawat inap rumah sakit dan tidak ada limit perperawatan.

Mengenal Macam-Macam Asuransi Kesehatan di Indonesia

2. Manulife

Salah satu asuransi kesehatan terbaik di Indonesia ini memiliki tambahan berupa asuransi jiwa term-life. Asuransi kesehatan yang ditawarkan perusahaan ini tidak murni.Terdapat dua manfaat yang bisa diperoleh nasabah yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Limit perawatan yang diterapkan oleh Manulife sangat rendah dan pemberian santunan duka dari perusahaan ini cukup besar.

Selain limit perawatan yang rendah, premi yang harus dibayarkan juga cukup murah yaitu sekitar Rp 9,9 juta pertahun. Karena terdapat gabungan asuransi jiwa dan kesehatan, nasabah bisa mengurangi tanggungan untuk asuransi Jiwa. Sedangkan untuk asuransi kesehatan, pertanggungan bisa lebih diperbesar. Sehingga hal ini bisa mengurangi limit per perawatan pertahun.

3. Allianz

Asuransi kesehatan ini menerapkan total premi yang dibayarkan oleh nasabah pertahunnya sekitar Rp 11, 5 juta. Terdapat beberapa produk asuransi kesehatan diantaranya smartmed premier, allisya care, critical illness dan hospital and surgical care. Ada beberapa keunggulan dari produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan diantaranya bisa digunakan untuk keluarga serta berbagai manfaat dasar rawat inap serta manfaat tambahan seperti persalinan.

4. Ciigna

Macam-macam asuransi kesehatan di Indonesia selanjutnya adalah Cigna. Asuransi kesehatan ini sangat tepat digunakan untuk keluarga anda. Pembayaran premi berdasarkan santuan perhari serta usia anggota keluarga yang paling tua. Besarnya premi yang harus dibayarkan juga tergolong murah . Perbedaan dari asuransi ini adalah pemberian manfaat dimana jumlah yang diberika sebesar Rp 800 ribu perhari, dengan ketentuan maksimal rawat inap selama 80 hari.

Jadi manfaat yang diberikan tidak tergantung dari berapa biaya yang dikeluarkan untuk melakukan rawat inap. Bagi anda yang memiliki kondisi finansial yang masih terbatas, maka asuransi ini sangat cocok digunakan. Selain itu Cigna menerapkan manfaat asuransi kesehatan dengan sistem cashless. Namun jika tertanggung melakukan rawat jalan setelah rawat inap maka manfaat akan diberikan secara reimbursement.

5. BPJS Kesehatan

Asuransi kesehatan ini merupakan jenis asuransi yang disediakan secara langsung oleh pemerintah bagi masyarakat Indonesia. Mengenai premi yang dibayarkan, biayanya cukup terjangkau dibandingkan asuransi swasta. Dalam hal ini harga yang dibayar sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Kekurangan dari penggunaan asuransi BPJS kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang kurang baik dan terbatasnya rumah sakit yang pilih untuk rawat inap.

Dalam memilih asuransi sebaiknya pertimbangkan mengenai manfaat dalam bentuk cashless, jangkauan rumah sakit yang luas, berapa jumlah pihak yang bisa ditanggung hingga berapa jumlah biaya yang diberikan untuk rawat inap. Meskipun asuransi bisa memberikan manfaat kesehatan, namun tempo pembayaran premi yang tidak tepat karena kondisi finansial yang buruk menyebabkan anda rugi. Maka dari itu, menabung adalah pilihan terbaik untuk jaminan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *