Mengintip Fakta Mengenai Perubahan Kalender Libur 2020

kalender libur 2020 revisi

Kebanyakan orang yang sedang bekerja sangat menanti nanti tanggal merah atau waktu liburan. Melihat tanggal merah di kalender biasanya dilakukan menjelang pergantian tahun untuk merencanakan liburan. Sayangnya hari libur tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pemerintah telah merubah bebebapa tanggal merah. Seperti apa fakta tentang perubahan kalender libur 2020 tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

5 Fakta tentang Perubahan Hari Libur Tahun ini

1. Libur Lebaran tanggal 24-25 Mei 2020

Salah satu hari liburan yang paling ditunggu tunggu masyarakat di Indonesia yaitu libur lebaran. Apalagi mayoritas masyarakat Indonesia beragama islam. Sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya saat mendekati pergantian tahun 2020. Rapat tingkat menteri yang diadakan melalui video conference, menetapkan libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 24 sampai 25 Mei 2020. Dengan demikian, tidak ada perubahan untuk libur lebaran.

2. Cuti Bersama Digeser

Meskipun tanggal merah untuk Hari Raya Idul Fitri tidak berubah. Namun, pemerintah merivisi cuti bersama setelah hari raya. Dimana sebelumnya cuti bersama ditetapkan pada tanggal 26 hingga 29 Mei. Selanjutnya pemerintah menggeser sehingga cuti bersama jatuh pada tanggal 28 sampai 31 Desember. Adanya perubahan hari libur ini bukan tanpa sebuah alasan. Pemerintah mengganti cuti bersama untuk menindaklanjuti arahan Presiden.

kalender libur 2020 baru

Mengingat saat ini penyebaran virus Covid-19 di Indonesia membutuhkan penanganan khusus. Selain pemerintah menghimbau agar sekolah, kuliah dan bekerja dilakukan secara online di rumah. Penetapan cuti bersama yang jatuh di akhir tahun, dilakukan untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak mudik, sehingga menyebabkan penyebaran virus corona semakin meningkat. Selain itu, pemerintah berencana untuk memberikan fasilitas mudik akibat pergantian tersebut.

3. Penambahan Tanggal Merah

Selain menggeser cuti bersama lebaran tahun ini, pemerintah juga menambahkan tanggal merah yaitu tangal 28 Oktober 2020. Jika dilihat di kalender libur 2020, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020. Sebelumnya pada 9 Maret 2020, pemerintah telah menetapkan tanggal 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nasional khususnya pariwisata.

4. Mengubah Keputusan Sebelumnya

Revisi hari libur nasional ini merupakan hasil rapat tingkat menteri yang dipimpin oleh Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Tentunya revisi hari libur ini mengubah Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi agar selaras dengan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar.

5. Tercantum dalam Revisi SKB 3 Menteri Nomor 391 Tahun 2020

Hari Libur Nasional beserta Cuti Bersama yang dirubah ini dicantumkan dalam Revisi SKB 3 Menteri Nomor 391 Tahun 2020, Nomor 02 Tahun 2020 dan Nomor 02 Tahun 2020 mengenai Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebelumnya yaitu Nomor 728 Tahun 2019, Nomor 213 Tahun 2019, Nomor 01 Tahun 2019 tentang hari libur nasional.

Itulah beberapa fakta mengenai perubahan hari libur nasional tahun ini yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Melihat penyebaran virus Covid-19 yang sudah mulai menyebar di sebagian besar wilayah indonesia, akan lebih baik jika masyarakat menghabiskan libur lebaran di tempat masing masing. Sebagai gantinya, pemerintah berencana menyediakan fasilitas mudik di akhir tahun dan kemungkinan agar menggratiskan beberapa tempat wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *