Parents, Inilah Tips Bijak Memilih Gadget Untuk Anak

Generasi sekarang merupakan generasi yang lahir di era digital. Oleh sebab itu mau tidak mau, orang tua perlu memberikan gadget kepada anak. Akan tetapi penggunaan gadget untuk anak perlu dibatasi dan dipantau karena hal tersebut penting untuk tumbuh kembang si buah hati. Pastikan orang tua juga bijak memilih gadget untuk anak.
Memberikan batasan penggunaan gadget kepada anak agar pola hidup anak bisa seimbang juga diperlukan. Sebagai tips untuk orang tua yang berniat membelikan gadget untuk sarana belajar anak, berikut tips pemilihan gadget yang perlu Anda pahami!
Tips Bijak Memilih Gadget Untuk Anak
Pilih gadget dengan daya tahan tinggi
Sebagai orang tua tentu Anda tidak ingin jika gadget untuk anak mudah mengalami kerusakan ketika dipakai. Oleh sebab itu pastikan bahwa ketika memilih gadget, pilih gadget yang memiliki ketahanan tinggi sehingga gadget yang Anda berikan kepada anak tidak mudah mengalami kerusakan. Kini sudah tersedia banyak gadget dengan berbagai merek yang didesain tahan banting, tahan air dan tahan debu yang tentunya sangat aman untuk digunakan dalam jangka panjang.
Pilih gadget sesuai yang dibutuhkan anak
Perangkat gadget dengan teknologi tinggi kini sudah bisa Anda temukan dengan mudah. Akan tetapi harganya tentu saja mahal. Tentu sangat disayangkan ketika Anda membeli sebuah gadget dengan teknologi tinggi akan tetapi hanya digunakan oleh anak untuk kebutuhan ngegame saja.
Oleh sebab itu, pastikan Anda memberikan gadget sesuai yang dibutuhkan anak. Jika untuk keperluan game, berikan gadget untuk ngegame sementara jika kebutuhannya lebih dari itu maka berikan gadget yang sesuai juga.
Pertimbangkan harga dan fitur
Sesuaikan harga dan fitur dari gadget yang Anda ingin beli dengan umur dan kebutuhan anak. Memang gadget canggih dengan harga mahal dapat digunakan untuk jangka panjang. Akan tetapi jika anak tidak bisa menjaganya dengan baik maka membeli gadget semahal apapun akan percuma karena tidak dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama oleh anak.
Itulah beberapa hal dalam pemilihan gadget yang bisa orang tua lakukan agar tidak salah pilih. Pastikan orang tua selalu mengawasi anak dalam memainkan gadgetnya. Selain itu, orang tua juga harus punya pola pendampingan agar anak tidak sampai kecanduan dalam penggunaan gadget. Sebagai tips pendampingan yang bisa orang tua lakukan agar anak tidak kecanduan gadget sebagai berikut :
Kenalkan manfaat gadget pada anak
Setelah anak masuk usia dua tahun dan sudah mulai mengenal gadget, anak dapat dikenalkan dengan manfaat gadget. Misalkan gadget untuk keperluan menelepon dan belajar. Ajak anak video call atau belajar dengan gadget. Dengan demikian akan tertanam manfaat gadget di otak anak sehingga meminimalisir dampak atau resiko menggunakan gadget secara berlebihan atau untuk keperluan hiburan semata.
Berikan contoh penggunaan gadget yang baik
Orang tua harus memberikan contoh penggunaan gadget yang baik kepada anak. Misalkan tentang aturan Anda boleh menggunakan gadget berapa jam dalam sehari. Nah, jika Anda sudah menetapkan aturan semacam itu maka tepati dan bantu anak untuk menaati aturan yang sama untuk dirinya sendiri.
Buat aturan sejak dini
Pastikan sejak dini Anda sudah membuat kesepakatan dengan anak berapa lama si kecil boleh bermain gadget dan kapan waktunya. Ajak anak untuk disiplin dengan aturan yang sudah ditetapkan bersama ini dan sebagai orang tua Anda harus konsisten dengan aturan yang sudah di buat.
Itulah beberapa tips memilih gadget untuk anak yang bisa diterapkan sekaligus tips agar anak tidak mengalami kecanduan gadget. Semoga informasi yang kami berikan di atas memberikan manfaat dan inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *