Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi All Risk Mobil Bekas

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi All Risk Mobil Bekas ini

Saat Anda membeli mobil baru, sudah dipastikan dalam harganya tercantum asuransi untuk mobil. Tapi saat Anda memiliki atau membeli mobil bekas, anda tak perlu khawatir karena ada juga asuransi untuk mobil bekas. Asuransi all risk mobil bekas menawarkan perlindungan, berbeda banyak hal dari asuransi mobil baru. Sebelum menggunakan produknya, ada beberapa hal mengenai asuransi mobil bekas yang perlu Anda pahami.

Asuransi all risk berarti asuransi yang menanggung segala resiko kerusakan hingga kehilangan pada mobil. Kerusakan sedikit saja, misal baret di bodi mobil, mobil bisa diperbaiki dengan klaim asuransi. Untuk mobil bekas, asuransi all risk tersedia untuk yang usianya dibawah 10 tahun. Sebab, ini berkaitan sengan kondisi dan ketersediaan suku cadang. Makin tua mobil, resiko perusahaan asuransi kesulitan menemukan suku cadang saat klaim.

Penting Untuk Mengetahui Seputar Asuransi Mobil Bekas

1. Kenali Jenis Asuransi Mobil Bekas

Ada dua produk asuransi mobil bekas yang ditawarkan, all risk dan TLO. Asuransi all risk pada mobil bekas jangkauan tanggungannya lebih besar. segala jeni kerusakan, kehilangan, atau rusak fatal dapat mudah diklain dan digantikan. Bahkan, jika mobil terserempet atau kegores kecil, Anda bisa mengkklaim kerusakan tersebut. Mengingat biaya untuk memperbaiki mobil, cukup membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam.

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi All Risk Mobil Bekas

2. Perhatikan Pengalihan Polis Asuransi Mobil

Saat Anda membeli mobil bekas, bisa jadi masih ada panjang waktu asuransi. Tanyakan kepada pemilik sebelumnya apakah asuransi masih berlaku. Jika masih, hal ini akan memudahkan Anda. Anda bisa meneruskan pertanggungan asuransi mobil saat Anda menjadi pemilik mobil. Beritahukan kepada pihak asuransi bahwa terjadi pengalihan kepemilikan. Umum jangka waktu pemberitahuan 10 hari dari waktu transaksi. Namun ingat, sebelumnya Anda pelajari dulu polis asuransinya.

3. Kenali Kondisi Mobil Bekas Sebelum Pembayaran Premi

Mobil bekas memang resikonya tinggi, karena mesin dan penunjang lainnya sudah pernah digunakan. Dan pembeli tidak menahu sudah digunakan untuk jenis perjalanan apa saja. Pembelian asuransi untuk mobil bekas juga beresiko. Membutuhkan perhatian khusus. Anda wajib mengetahui seluk beluk mobil bekas. Semua kondisinya tanpa terlewat, karena ini akan mempengaruhi besar premi asuransi yang aka dibayar. Cek riwayat perbaikan mobil berkala atau penah terlibat kecelakaan.

4. Usahakan Cari Perusahaan Asuransi Berkualitas Baik

Ini perlu diperhatikan, kualitas perusahaan asuransi all risk mobil bekas yang baik, menjadi jaminan bagi Anda. mencakup kualitas produk yang bagus dan handal, reputasi perusahaan terkenal baik, sampai pelayanan yang cepat dan tepat. Pelayanan yang diberikan harus responsif, agar saat terjadi klaim dengan cepat teratasi. Pelayanan yang baik otomatis mengguggah Anda untuk menambah jumlah premi, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan asuransi mereka.

5. Pilihlah Jaminan Asuransi yang Tepat

Adanya asuransi karena tawaran jaminan perlindungan bagi penggunanya. Seimbang dengan premi yang dibayarkan, semakin tinggi resiko semakin mahal premi yang dibayar. Pilih jaminan asuransi yang komprehensif bagi mobi. Selain memberikan perlindungan yang optimal. Jaminan komprehensif juga memberi perlindungan terhadap jiwa dan kesehatan Anda, maupun penumpangnya. Serta memberi jaminan untuk tuntutan hukum dari pihak ketiga. Anda tak hanya melindungi mobil, tapi juga penggunanya.

Mobil baru atau mobil bekas, semuanya adalah aset berharga bagi pemiliknya. Oleh karena itu, sebuah aset berharga patutnya dilindungi dengan baik. Mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama. Mungkin pembeda terletak pada asuransi yang ditawarkan, produknya mungkin lebih ringan dari pada mobil baru. Tapi terlepas mobil baru atau bekas, keduanya punya hak untuk mendapatkan perlindungan asuransi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *