Resep Sate Sapi Yang Banyak Dicari Orang

Resep Sate Sapi Yang Banyak Dicari Orang

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang pernah masuk ke dalam jajaran 10 besar makanan paling enak di dunia menurut salah satu majalah kuliner terkemuka dunia. Meski sate yang dimaksud hanyalah sate ayam tetapi paling tidak keluarga besar sate dapat turut berbangga dengan pengakuan tersebut. Apalagi sate disebut pula sebagai salah satu makanan favorit mantan presiden Amerika Serikat yang sewaktu kecil sempat hidup di Indonesia.

Dengan pengakuan dunia internasional terhadap kelezatan sate ayam sebetulnya merupakan peluang besar bagi sate-sate lainnya untuk dapat unjuk gigi lebih. Pasalnya tidak sedikit orang yang menganggap sate kambing lebih lezat daripada sate ayam. Tetapi kiranya yang tidak boleh pula luput diperhatikan adalah sate sapi. Hal ini seiring ramainya orang-orang mencari tahu tentang resep sate sapi di berbagai sumber seperti buku resep maupun di internet.

Sebetulnya meskipun tidak begitu biasa dan mudah menemukan penjaja sate sapi, resep untuk sate itu sendiri masih terbilang cukup mudah. Secara umum pun tidak banyak ditemukan perbedaan dibandingkan sate ayam maupun kambing. Tetapi untuk lebih jelasnya, resep sate hewan berkaki empat bernama sapi ini yaitu sebagai berikut, dimulai dengan bahan-bahan yang dibutuhkannya.

Resep Sate Sapi Yang Banyak Dicari Orang Pembuatan Sate

1.500 gram daging sapi yang dipotong dadu
2.200 ml kecap manis merek apa saja
3.2 sendok makan minyak
4.50 gram gula merah yang telah disisir
5.4 siung bawang merah
6.3 siung bawah putih
7.Lengkuas seukuran jari
8.2 sendok teh ketumbar
9.1 sendok teh asam jawa
10.1 sendok teh garam
11.¼ sendok teh jintan
12.½ sendok teh merica putih

Dengan bahan-bahan di atas, dapat dihasilkan sate sapi manis yang cukup untuk satu keluarga kecil setelah melalui langkah-lanngkah pembuatan sebagai berikut:

Resep Sate Sapi Yang Banyak Dicari

1.Campurkan daging sapi yang telah dipotong dadu bersama bumbu halus yang sudah disiapkan, kecap dan minyak goreng pada suatu wadah. Kemudian tunggu sekitar 2 jam lamanya
2.Setelah 2 jam terlewati, ambil daging-daging yang telah berbentuk dadu itu lalu tusukkan ke tusuk sate dengan jumlah sesuai selera tiap tusuknya
3.Panggang daging-daging sapi yang telah ditusukkan pada tusuk sate tadi di atas bara api
4.Selama proses pemanggangan, sesekali oleskan sate-sate tersebut dengan bumbu yang masih tersisa sebelumnya
5.Setelah daging tampak matang, segera angkat dan letakkan di piring maupun wadah penyajian lainnya
6.Tuangkan kembali kecap manis di atas sate-sate tersebut sambil sedikit demi sedikit letakkan acar maupun komponen pendukung lainnya di sekitar sate
7.Sate sapi siap disantap baik disertai nasi maupun tidak

Resep sate sapi di atas menunjukkan betapa mudahnya membuat sate sapi manis yang pasti disukai semua orang. Pasalnya, sate yang menggunakan daging sapi cenderung kurang cocok jika menggunakan bumbu kacang yang biasa ditemukan pada sate ayam. Itulah mengapa seperti sate sapi ini, sate kambing pun lebih nikmat dan lezat ketika dinikmati menggunakan kecap manis.

Hal yang paling harus diperhatikan dalam membuat sate sapi adalah saat proses pemanggangan. Karena sering sekali terjadi, daging yang dipanggang hanya matang di salah satu sisi sedangkan sisi lainnya mentah. Itu terjadi akibat tidak dirotasi atau diputarnya si sate itu sendiri yang mengakibatkan hanya salah satu sisi yang menghadap bara api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *