Sangat Direkomendasikan, Yuk Simak 5 Makanan Untuk Penderita Diabetes

makanan untuk penderita diabetes Makanan Manis yang Aman untuk Penderita Diabetes

Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes, tentu anda harus lebih selektif dalam memilih makanan untuk di konsumsi. Karena jika penderita mengkonsumsi makanan yang salah, maka akan membuat kadar gula dalam tubuh meningkat. Tak hanya makanan utama, camilan pun harus diperhatikan dengan baik sehingga akan menurunkan kadar gula dalam tubuh. Yuk simak makanan untuk penderita diabetes yang sangat di rekomendasikan berikut.

Makanan Rendah Gula yang Cocok Untuk Penyakit Diabetes

1 Jagung

Makanan penderita diabetes yang sangat aman untuk di konsumsi adalah jagung. Pasalnya jagung memiliki nilai glikemik yang rendah, sehingga jagung bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu jagung juga mengandung serat pati resisten yang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Jika anda mengkonsumsi jagung setiap hari, maka bisa membantu untuk mengendalikan gula darah yang lebih baik.

makanan untuk penderita diabetes jagung

2. Ubi Jalar

Makanan untuk para penderita diabetes dan rendah gula selanjutnya adalah ubi jalar. Selain bisa mengenyangkan, ubi jalar ini memiliki rasa yang enak dan bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini karena ubi jalar memiliki indeks gilkemik yang rendah yaitu 4 untuk satu buah ubi jalar rebus. Karena memiliki nilai gilkemik makanan yang rendah maka semakin lambat pula makanan tersebut untuk diproses menjadi glukosa.

Ubi jalar yang memiliki nilai gilemik yang rendah maka anda memperlambat naiknya gula darah setelah mengkonsumsinya. Sebaiknya anda mengkonsumsi ubi jalar secara langsung tanpa membeli olahan ubi jalar yang sudah menjadi kemasan di swalayan. Anda bisa memasak ubi jalar dengan cara direbus, dipanggang dan sangat disarakan untuk digoreng bersama dengan terigu.

3. Gandum Utuh

Gandum utuh mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dan merupakan makanan paling sehat untuk para penderita diabetes. Meski rasanya hambar, namun anda bisa mengkonsumsi gandum utuh bersama dengan buah atau makanan pendamping lainnya. Gandum utuh juga memiliki nilai gilkemik yang rendah, serta serat yang tinggi. Dua kombinasi ini akan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

4. Buah Berry

Selain memiliki rasa yang enak, buah berry sangat bagus sebagai makanan untuk penderita diabetes. Buah ini bisa dijadikan salah satu camilan yang aman dan bisa di konsumsi secara rutin. Berry yang mash memiliki jenis yang sama dengan strawberry, blueberry, rasphberry dan lainnya ini mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal ini karena buah berry memiliki kandungan serat yang tinggi.

makanan untuk penderita diabetes bowls of sour cherries raspberries red and black currants and blueberries

Kandungan serat yang tinggi inilah yang bisa mengendalikan gula dalam darah dan membantu untuk mencegah gula darah naik secara drastic. Tidak hanya itu saja, buah berry juga mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Para penderita diabetes pun bisa mengkonsumsi buah secara rutin agar nutrisi dalam tubuh terpenuhi.

5. Biji Chia

Makanan yang cocok untuk para penderita diabetes berikutnya adalah biji chia. Pasalnya biji chia memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah kalori dan karbohidrat. Sehingga biji chia sangat aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Anda bisa mencampurkannya langsung dalam masakan, salad, sereal atau bahkan nasi untuk mengkonsumsinya. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam makanan manis seperti pudding, yoghurt, jus dan lain lain.

Itulah beberapa makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi makanan tersebut secara rutin dan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Selain makanan pokok anda juga bisa mengkonsumsi camilan yang juga bisa dikonsumsi tanpa membahayakan diri anda. Anda tidak perlu khawatir jika gula darah naik, karena makanan tersebut sangat rendah gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *