Saus Bercitarasa Pedas yang Tersohor di Dunia

Saus Bercita Rasa Pedas saus pedas anda

Banyak yang menilai bahwa makan tanpa menggunakan sambal terasa kurang sedap. Tidak hanya di Indonesia, perasaan tersebut juga dialami oleh masyarakat yang berada di negara lainnya. Karena kesukaan mereka akan saus pedas, mereka bahkan memiliki saus khusus yang namanya dikenal baik oleh masyarakat dunia.

Sambal merupakan jenis saus bercitarasa pedas yang berasal dari tanah air. Saus ini dibuat dengan menggunakan bahan bawang, garam, terasi, tomat dan cabai. Sambal dapat dikonsumsi mentah dan ada pula yang harus memasaknya terlebih dahulu. Variasi sambal di tanah air tergantung pada hasil tanam di suatu daerah. Untuk membuat sambal di rumah, berikut tips yang perlu untuk kita perhatikan:

Saus Bercita Rasa Pedas saus pedas untuk kesehatan

1.Pertama adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan rasa yang nikmat, bahan pembuatan sambal harus berada dalam keadaan yang segar. Jangan lupa memperhatikan kualitas bahan agar rasa nikmat terasa lebih jelas.

2.Sebelum bahan digunakan, jangan lupa untuk menjamin bahan berada dalam keadaan yang bersih. Cuci semua bahan dengan menggunakan air yang mengalir dan rebus bahan pembuat sambal selama 5 hingga 10 menit.

3.Setelah itu, bahan dapat dihancurkan dengan menggunakan blender. Untuk memisahkan ampas dan sarinya, kita dapat memanfaatkan saringan.

4.Setelah disaring, sambal dapat dimasak dengan menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti garam dan penyedap. Selama proses memasak, pastikan jangan membuat sambal terlalu mengental.

Tabasco menjadi jenis saus asal Amerika Serikat yang memiliki rasa pedas. Saus ini biasa digunakan untuk sandwich dan pizza. Bawang putih, lada hijau, cuka, cabai dan jalepeno merupakan bahan utama dalam pembuatan tabasco. Untuk menghasilkan rasa yang jauh lebih nikmat, saus ini biasanya disimpan terlebih dahulu sebelum digunakan. Tidak hanya rasanya yang nikmat, tabasco yang disimpan lama memiliki aroma yang unik. Selain di Amerika, tabasco juga populer di negara lainnya. Di bawah ini merupakan saus pedas tersohor lainnya yang ada di dunia:

Saus Bercita Rasa Pedas saus pedas

a.Sriracha

Saus legendaris yang berasal dari Amerika ini memiliki rasa yang pedas dan sangat digemari oleh penggila cabai. Meskipun dikenal berasal dari Amerika, saus ini ternyata merupakan hasil pemikiran imigran asal China dan Vietnam. Saus yang pedas ini muncul pada tahun 1980 lalu. Tidak dikenal dengan pedasnya yang menikam, sriracha memiliki bau yang menyengat akibat penggunaan bawang putih sebagai bahan pembuatnya. Bau menyengat menjadi ciri khas yang dimiliki oleh saus ini.

b.Gochujang

Korea merupakan negara lainnya yang memiliki saus bercitarasa pedas. Saus tersebut dikenal dengan nama gochujang. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan saus ini adalah bubuk cabai dan beras ketan yang difermentasi. Proses fermentasi dilakukan dengan menggunakan tembikar berukuran besar. Rasa pedas dan sedikit rasa manis dapat kita rasakan ketika menyantap saus ini. Di Korea, gochujang memiliki peranan yang sangat penting karena hampir digunakan untuk semua jenis menu masakan.

c.Harissa

Harissa merupakan saus yang berasal dari Tunisia. Saus yang rasanya pedas ini terbuat dari cabai, lada serrano, rempah-rempah, lada baklouti, bawang putih, ketumbar dan minyak zaitun atau minyak sayur. Pembuatan saus ini terbilang cukup mudah. Bakar ketumbar dan jintan dan haluskan bersamaan dengan bahan pembuat saus lainnya. Sebelum menjadi pasta, kita dapat menambahkan cuka dan air jeruk lemon ke dalam saus. Agar pasta nampak halus, beri tambahan minyak zaitun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *