Standar Kecepatan Internet di Indonesia

Kecepatan Internet di Indonesia

Teknologi digital mendorong berbagai kegiatan dilakukan secara online. Hal ini berdampak pada kebutuhan internet yang semakin tinggi hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, beberapa dari kalian pastinya penasaran berapa sebenarnya kecepatan internet yang ada di Indonesia, melihat di negara lain sudah mendukung jaringan seluler yang lebih mutakhir. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini.

Kecepatan Internet di Indonesia Dinilai Rendah

Jika dilakukan perbandingan antara kecepatan internet di Indonesia dan di dunia, maka Indonesia termasuk negara dengan kecepatan internet yang sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh perusahaan penguji kecepatan internet secara global yaitu Ookla. Ookla menyatakan jika kecepatan internet yang dimiliki Indonesia berada di urutan buncit.

Kecepatan Internet di Indonesia ini masih lambat

Dalam perhitungan kecepatan internet ini, ada beberapa variabel yang harus dimasukkan meliputi perhitungan kecepatan internet melalui fixed line atau mobile. Tidak hanya itu, perhitungan juga harus menggunakan pembagi dan total jumlah pengguna internet di suatu negara, sebaran penduduk dan letak geografis dari negara itu sendiri.

Dengan demikian, berdasarkan pernyataan dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, jaringan internet di Indonesia, dinilai cukup unik karena menyesuaikan dengan karakteristik negara Indonesia. Sedangkan kecepatan internet yang berada di kota kota besar Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, bandung dan sekitarnya tidak kalah bagusnya dengan kecepatan internet yang ada di Kuala Lumpur maupun di Bangkok.

Hasil penilaian dari Ookla dinilai kurang akurat mengingat kondisi geografis Indonesia berbeda dengan negara lain. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah yang menyebar. Selain itu, total pengguna dan jumlah penduduk di Indonesia cukup banyak. Apalagi operator Indonesia juga membangun hingga daerah pelosok yang sulit melakukan akses internet, dan menghadirkan beragam paket salah satunya paket internet unlimited.

Perbandingan Kecepatan Internet di indonesia dan Dunia

Berdasarkan laporan yang didapatkan dari ookla,kecepatan internet Indonesia rendah dengan perbandingan kecepatan internet kabel yang ada di Indonesia yaitu 15,5 Mbps. Sedangkan kecepatan internet kabel dunia mencapai 54, 3 Mbps. Untuk kecepatan internet di indonesia hanya 10,5 Mbps sedangkan kecepatan internet seluler di dunia berada d i angka 25,1 mbps.

Kecepatan Internet di Indonesia bisa Hambat Digitalisasi Industri

Namun, jika dibandingkan negara Belgia, maka wilayah Belgia memang tidak terlalu luas sehingga mempermudah operator telekomunikasi untuk menarik fiber optic serta membangun base transceiver station di seluruh wilayah nya. Dengan demikian, jika Indonesia dibandingkan dengan negara Singapura, maka sampai kapanpun kecepatan internet di Indonesia tidak akan mengalahkan negara singapura.

Sedangkan berdasarkan data yang diperoleh OpenSignal, dapat diketahui jika kecepatan rata rata pengunduhan LTE di Jakarta bisa mencapai 15,1 Mbps. Dan kecepatan rata rata pengunduhan 4G di kota Bangkok hanya 9,8 Mbps. Sedangkan kecepatan rata rata yang ada di kota Manila 10.59 dan Kota Phnom Penh memiliki kecepatan 13,26 Mbps. Sedangkan di kawasan Asean, kecepatan tertinggi masih dipegang oleh Singapura yang memiliki kecepatan hingga 50 Mbps.

Meskipun kecepatan internet di Indonesia tergolong lambat, namun perintah masih terus mngembangkan broadband di seluruh Indonesia khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar. Dengan demikian, semua masyarakat Indonesia dapat menikmati jaringan internet indonesia dengan kecepatan standar, terutama untuk pembelian paket internet unlimited.

Meskipun kecepatan internet di indonesia berdasarkan Ookla tergolong rendah. Namun, penilain ini harusnya juga disesuaikan dengan wilayah Indonesia yang menyebar hingga ke wilayah pelosok. Selain itu, pengguna internet di Indonesia juga sangat banyak. Dari pihak pemerintah sendiri, bertekad akan senantiasa melakukan opengembangan broadand di seluruh wilayah Indonesia, agar banyak masyarakat yang mendapatkan kemudahan dalam mengakses internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *