Sudah Tahu Batas Konsumsi Gula per Hari? Yuk Intip Disini

batas konsumsi gula per hari Benarkah Gula Merah Lebih Baik Daripada Gula Putih

Karena rasa manis yang dimilikinya membuat produk gula digemari oleh banyak orang. Rasa makanan dan minuman dengan kandungan gula juga akan terasa semakin lezat saat dikonsumsi. Namun tentu saja dengan jumlah gula yang berlebih dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Lalu berapa batas konsumsi gula per hari bagi seseorang? Mari simak ulasannya secara lengkap disini

Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Gula Berlebih

Tidak dapat dipungkiri rasa dari gula memang lezat di lidah. Namun di sisi lain Anda juga harus memperhatikan mengenai akibat buruk dari mengonsumsi gula dengan jumlah yang berlebih. Tidak sedikit jenis penyakit yang dapat berisiko terjadi akibat hal ini. Mulai dari obesitas, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit yang menyerang jantung.

batas konsumsi gula per hari ini

Tidak hanya itu jenis penyakit lain yang berisiko terjadi pada seseorang dengan kadar gula berlebih adalah diabetes. Penyakit berupa liver pun dapat terjadi pada orang yang mengonsumsi jumlah gula dengan melebihi batas yang ada. Dari keadaan inilah sebaiknya Anda mengetahui berapa batasan dari jumlah gula yang dikonsumsi oleh tubuh dalam waktu satu hari.

Jumlah Konsumsi Produk Gula dalam Waktu Satu Hari

Batas konsumsi gula per hari ini merupakan rekomendasi dari pihak AHA (American Heart Association). Pengkategorian yang ada di dalamnya juga akan terbagi menjadi 3 bagian, yakni bagi pria, wanita, dan anak-anak. Dalam satu hari sebaiknya seorang pria hanya mengonsumsi 9 sendok teh gula atau sama dengan 38 gram. Sementara jumlah lebih sedikit akan ditemui bagi wanita.

Seorang wanita sebaiknya hanya mengonsumsi 6 sendok teh gula atau 25 gram saja dalam satu hari. Sementara bagi anak-anak, jumlah gula yang direkomendasikan juga sama seperti seorang wanita. Usia anak-anak yang dimaksud disini ialah di usia 2 sampai dengan 18 tahun. Dengan memperhatikan jumlah gula yang dikonsumsi oleh tubuh setiap hari tentu akan menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagi jenis penyakit.

Cara untuk Membatasi Asupan Gula untuk Tubuh

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membatasi jumlah asupan gula di dalam tubuh. Seperti misalnya dengan mengganti gula pada minuman dengan menggunakan madu. Anda juga bisa mengurangi minuman bersoda karena minuman jenis ini diketahui memiliki jumlah gula yang cenderung banyak di dalamnya. Tidak hanya itu, Anda pun dapat mulai membiasakan diri untuk menghindari minuman yang memiliki rasa manis.

batas konsumsi gula per hari

Dapat diketahui pula bahwa tubuh seseorang dapat menyerap gula dari minuman lebih cepat daripada gula dari makanan. Hal inilah yang tidak boleh diremehkan begitu saja karena kebiasaan buruk yang ada dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi meningkat. Sebagai ganti rasa manis yang ada, Anda dapat mengonsumsi buah dalam bentuk asli tanpa diproses terlebih dahulu.

Cara lain yang terbilang ampuh ialah dengan melihat label gizi terlebih dahulu pada kemasan makanan atau minuman yang hendak dibeli. Biasanya di kemasan tersebut telah tertera berapa jumlah gula yang ada di dalamnya. Meskipun terlihat sepele namun dengan cara ini akan membantu diri Anda terhindar dari bahaya gula yang berlebih tersebut di kemudian hari.

Walaupun memiliki rasa yang lezat, gula yang terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh juga dapat menyebabkan banyak dampak negatif yang ada di baliknya. Asupan gula pada seseorang juga dapat dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan usia yang dimilikinya. Dengan melakukan beberapa cara yang ada diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh dan kesehatan yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *