Sulit Naikkan Timbangan? Yuk Cari Tahu Faktor Penyebab Badan Kurus

penyebab badan kurus Wanita Pakaian Renang

Banyak orang yang berlomba lomba untuk menurunkan berat badan. Namun tak sedikit pula yang ingin menaikkan angka di timbangannya. Berat badan seseorang bisa dikatakan ideal jika memiliki IMT di antara 18,5 hingga 25. Tetapi jika nilai IMT nya berada di bawah angka tersebut, maka bisa dikatakan jika memiliki berat badan yang kurus. Hal ini tentunya disebabkan beberapa hal, untuk menambah wawasan yuk simak faktor penyebab badan kurus. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Faktor Yang Menyebabkan Seseorang Memiliki Badan Yang Kurus

1. Genetik atau Keturunan

Faktor satu ini sepertinya juga memberikan banyak pengaruh pada berat badan seseorang. Jika memang sejak lahir sudah memiliki postur tubuh kurus maupun memiliki anggota keluarga yang kurus, maka penyebab bisa dikatakan karena faktor keturunan. Hal ini tentunya bukanlah menjadi masalah, apalagi ada beberapa orang yang memang memiliki metabolisme yang tinggi. Meskipun nafsu makannya baik, namun tetap saja tubuhnya tidak bisa gemuk juga.

penyebab badan kurus

2. Kondisi Medis Tertentu

Faktor lainnya yang mempengaruhi seseorang bertubuh kurus adalah adanya kondisi medis tertentu. Beberapa penyakit seperti HIV/AIDS, gangguan pencernaan hingga kanker memang menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan. Sehingga badannya menjadi lebih kurus dibandingkan sebelumnya. Selain itu, seseorang yang diet dengan ekstrim juga bisa membuat tubuhnya menjadi kurus yang dikarenakan tubuh kekurangan asupan nutrisi.

3. Aktivitas Fisik Yang Tinggi

Jika anda merupakan orang yang sangat aktif dan banyak melakukan aktivitas berat, maka bisa menjadi faktor penyebab mengapa tubuh anda kurus. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka akan membuat energi yang dibutuhkan juga semakin banyak. Sehingga tubuh akan terus membakar kalori anda untuk bisa menghasilkan tenaga ekstra. Selain itu, olahraga ekstrim juga menjadi penyebab mengapa anda memiliki tubuh yang kurus dan sulit untuk gemuk.

4. Masalah Psikologis

Anda tentunya pernah mendengar slogan, mental yang sehat akan membuat fisik juga sehat. Karena bagaimanapun kondisi psikologis seseorang memang akan mempengaruhi kesehatan tubuhnya. Salah satunya adalah tubuh yang mengalami penurunan berat badan cukup drastis. Beberapa masalah kejiwaan seperti gangguan makan, stres berat, depresi hingga anoreksia memang menyebabkan seseorang memiliki tubuh yang kurus bahkan terkesan kekurangan gizi.

penyebab badan kurus Penyebab Badan Kurus Walau Sudah Banyak Makan

Hal ini memang akan mempengaruhi nafsu makan hingga kebiasaan makan anda. Bahkan kondisi anoreksia maupun bulimia yang begitu marah menyebabkan penderitanya tidak bisa mengkonsumsi makanan. Tubuh yang tidak tercukupi nutrisinya menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan. Lama kelamaan akan semakin kurus, beberapa kasus bahkan menyebabkan kematian pada penderitanya. Faktor psikologi bisa menjadi penyebab badan kurus parah jika tidak ditangani.

5. Efek Samping Obat Obatan

Penyebab seseorang menjadi kurus juga disebabkan karena efek samping dari obat obatan yang dikonsumsinya. Tak hanya obat obatan yang dibeli dengan bebas, bahkan obat yang diresepkan oleh dokter sekalipun juga mampu mempengaruhi nafsu makan. Beberapa juga menyebabkan seseorang terus mual sehingga kesulitan untuk mengkonsumsi makanan. Salah satu pengobatan yang membuat orang kurus adalah kemoterapi yang diperuntukkan penderita kanker.

Dengan mengetahui faktor faktor penyebab seseorang kurus, maka akan memudahkan untuk mencari solusinya. Anda bisa menjalankan beberapa pengobatan atau kebiasaan baru untuk membantu menggemukkan berat badan. Selain karena faktor genetik, penyakit hingga kondisi psikologis memang mempengaruhi. Jika dirasa terlalu sulit, anda bisa meminta bantuan ahlinya agar keinginan memiliki tubuh ideal segera terwujud. Pastikan jika semua prosedur aman dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *