Yuk Cari Tahu Tips Aman Naik Transportasi Umum Di Era New Normal

Memasuki tatanan hidup baru, kini mulai banyak pusat perbelanjaan hingga kantor yang kembali dibuka. Sehingga, adanya hal tersebut menjadi pemicu banyaknya kendaraan umum yang mulai beroperasi pula. Meskipun masih berada di tengah kewaspadaan akan penyebaran Covid-19, namun kendaraan tersebut tetap dipenuhi oleh calon penumpang. Berikut tips aman menggunakan transportasi umum di era new normal.

Tips Menggunakan Kendaraan Umum Saat New Normal

1. Memastikan Kondisi Tubuh

Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum adalah dengan memastikan kondisi tubuh. Usahakan bahwa tubuh dalam keadaan fit, tidak merasa demam, batuk, pilek atau bahkan sesak nafas. Apabila merasakan gejala sakit, maka ada baiknya untuk menunda kegiatan keluar rumah serta memperbanyak istirahat.

Transportasi Umum Era New Normal

Hal tersebut dimaksudkan agar sakit yang diderita tidak bertambah parah. Selain itu, juga bertujuan agar tidak menularkan penyakit pada orang yang berada di sekitar. Di samping itu, jika dalam kondisi tidak fit anda tetap memaksa menggunakan kendaraan umum, maka pastinya akan langsung ditolak oleh petugas. Oleh karena itu, paling tidak sebelum naik angkutan tersebut usahakan suhu tubuh dibawah 37 derajat Celcius.

2. Memilih Kendaraan Umum Yang Akan Digunakan

Dalam menggunakan angkutan umum memang tidak ada batasan untuk memilihnya. Namun, akan lebih aman lagi jika anda menaiki kendaraan umum yang menerapkan pembatasan penumpang. Dimana, alasan dari pembatasan tersebut adalah untuk menerapkan aturan physical distancing dalam angkutan, sehingga bisa mencegah resiko penularan Covid-19.

Selain itu, beberapa penyelenggara layanan kendaraan umum juga ada yang memberlakukan protokol kesehatan yang ketat untuk penumpangnya, misalnya saja dengan pemeriksaan suhu tubuh serta penggunaan masker. Menggunakan angkutan umum yang menerapkan aturan kesehatan merupakan pilihan yang tepat, karena dengan begitu kemungkinan untuk terpapar virus akan menurun.

3. Menggunakan Protokol Kesehatan

Anjuran satu ini sudah sangat umum, karena dimanapun berada tentunya digunakan untuk menggunakan protokol kesehatan, tak terkecuali dalam menggunakan transportasi umum. Untuk mencegah kemungkinan penularan Covid-19, maka selama di kendaraan umum jangan lupa untuk selalu menggunakan masker atau face shield. Jika nada memilih memakai masker, usahakan agar terpasang sempurna dengan menutupi hidung dan mulut.

Selain itu, tak lupa pula untuk selalu mengantongi hand sanitizer, sehingga ketika anda menyentuh pegangan atau benda di dalam kendaraan umum bisa langsung menyemprotkannya guna menjaga kebersihan tangan. Namun, akan lebih baik lagi jika anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun, setiap akan dan selesai menaiki angkutan umum.

4. Menjaga Jarak

Meskipun berada di dalam kendaraan umum, usahakan bahwa anda tetap menjaga jarak dengan penumpang lain, dimana jarak yang paling ideal adalah sekitar 1 hingga 1,5 meter. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda menggunakan angkutan umum yang menerapkan pembatasan penumpang. Selain itu, pastikan pula bahwa anda tidak menaiki kendaraan umum yang terlalu padat pengguna.

transportasi umum masa new normal

5. Tidak Menyentuh Wajah

Meskipun telah menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta membawa hand sanitizer, usahakan pula agar anda tidak memegang area wajah, terutamanya bagian mulut, hidung atau mata. Karena, kebiasaan tersebut memungkinkan resiko penularan Covid-19 pada diri sendiri. Apalagi, jika hal tersebut dilakukan ketika kondisi tangan kotor.

Meskipun telah memasuki era new normal, namun penyebaran virus corona masih mungkin terjadi. Oleh karena itu, ketika anda bepergian kemanapun tetap diwajibkan untuk mentaati protokol kesehatan. Beberapa tips tersebut bisa anda lakukan ketika menggunakan kendaraan umum, dengan tujuan agar tetap menjaga diri dari kemungkinan terpapar virus Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *