Yuk Simak Cara Megukur Kepuasan Pelanggan

Yuk Simak Cara Megukur Kepuasan Pelanggan

Pelanggan adalah salah satu elemen terpenting untuk menunjang sebuah perusahaan. Dengan memiliki pelanggan, mereka akan melakukan pembelian berulang dan memiliki potensi terbesar untuk memberi keuntungan pada perusahaan. Pemantauan kepuasan pembeli adalah salah satu cara agar pelanggan tetap tertarik untuk membeli produk yang anda jual. Nah yuk simak metode mengukur kepuasan pelanggan berikut.

1. Menyewa Jasa Ghost Shopping

Ghost shipping adalah salah satu cara untuk memperoleh gambaran kepuasan pembeli dengan memperkerjakan beberapa orang untuk rivew produk perusahaan. Kerja ghost shiping ini ialah memberikan laporan mengenai kelebihan dan kelemahan produk perusahaan dan pesaing, berdasarkan pengalaman membeli dan mengkonsumsi produk tersebut.

Selain itu, tugas ghost shipping ini mengamati bagaimana perusahaan pesaing melayani semua permintaan dan keluh kesah yang sering dialami oleh pelanggan. Setelah mendapatkan informasi tersebut, perusahaan akan mengevaluasi semua temuan yang ada dan segera memperbaikinya. Biasanya manager akan sering mengamati sendiri bagaimana karyawan menghadapi konsumen, sehingga dapat melakukan evaluasi.

Yuk Simak Cara Megukur Kepuasan Pelanggan ini

2. Melalui Keluhan dan Saran

Keluhan dan saran dapat disampaikan secara langsung oleh pelanggan. Hal ini tentunya akan sangat berharga untuk perushaan agar mengetahui sejauh mana kepuasan yang telah anda berikan. Anda bisa memberikan beberapa media untuk menampung keluhan dan saran dari pelanggan seperti kotak saran, kartu saran, ataupun melalui telepon yang bebas pulsa.

Zaman era digital sekarang, tentunya memberikan masukan atau saran akan jauh lebih mudah dilakukan dengan cepat. Anda bisa menggunakan sosial media sebagai sarana, untuk mendapatkan saran dari pelanggan. Selain kritik dan saran dari pelanggan, penanganan komplain juga bisa menjadi salah satu kepuasan bagi para pelanggan. Jika komplain diatasi dengan baik, pelanggan tetunya akan senang dan membuatnya tetap membeli produk anda.

3. Survei Kepuasan Pembeli

Melakukan survei adalah hal paling umum yang banyak dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Sebelum melakukan survey pelangagan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan jawaban yang akurat dan bermanfaat. Jangan memberikan pertanyaan yang terlalu banyak, karena pelanggan akan bosan untuk menjawab.

Berilah pertanyaan yang jelas sehingga pelanggan dapat memahami dengan mudah. Selain itu anda juga bisa memberikan reward atau hadiah, atas ketersediaan para pelanggan untuk mengisi survei tersebut. Jangan lupa untuk selalu menggunakan media yang paling efektif untuk melakuan survei. Hal ini bertujuan agar survei tepat sasaran dan tidak menimbulkan beban pengeluaran yang besar bagi perusahaan.

4. Analisis Mantan Pelanggan

Ketika perusahaan mendapati beberapa pelanggan yang telah beralih, bukan berarti hal tersebut akan merugikan anda. Sebuah perusahaan yang baik akan tetap bisa memanfaatkan hal tersebut, sebagai peluang untuk mengetahui tingkat kepuasan yang pernah diterima oleh pelanggan. Evaluasi dari alasan mengapa beralih, bisa dijadikan kritik dan saran untuk kemajuan perusahaan.

Untuk menerapkan metode ini, perusahaan harusnya menelepon para pelanggan yang telah berhenti menjadi pembeli. Anda bisa menanyakan mengapa pelanggan tersebut pindah atau berhenti agar dapat mengambil kebijakan dan penyempurnaan selanjutnya. Dengan begitu perusahaan akan dapat mencari solusi yang tepat, agar pelanggan tersebut kembali membeli produk perusahaan.

Raja utama dari sebuah perusahaan adalah pelanggan untuk bisa mendapatkan keuntungan. Agar usaha yang anda kelola bisa berjalan dengan lancar, anda harus melakukan evaluasi secara berkala. Hal ini agar anda bisa mempertahankan pembeli yang sudah setia pada perusahaan anda. Sehingga anda akan tetap bisa menjalankan bisnis tanpa khawatir pelanggan anda akan lari dan berpaling ke perusahaan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *